Mother&Baby Indonesia
Mengapa Balita Pilih-pilih Makanan?

Mengapa Balita Pilih-pilih Makanan?

Balita Anda mulai pilih-pilih makanan? Jangan khawatir, Moms, sebab itu sangat normal. Di usia ini, Si Kecil mulai memilih makanan berdasarkan bentuk, warna, dan tekstur makanan. Ia pun bisa tiba-tiba membenci makanan favoritnya atau ingin makan makanan yang sama setiap harinya dan biasa disebut oleh para ahli sebagai food jags.

 

Nancy Hudson, dietitian dari University of California, Berkeley, menjelaskan, kondisi tersebut terjadi karena Si Kecil takut mencoba hal yang baru. “Ini adalah salah satu perilaku aneh pada manusia untuk memproteksi diri sendiri dalam berevolusi. Anda tidak akan mencoba sesuatu yang baru, karena Anda tidak tahu apakah itu aman atau tidak,” ujarnya.



 

Ketakutan terhadap sesuatu yang baru ini umumnya dialami saat anak berusia 4 atau 5 tahun. Namun, ada pula anak yang tetap mengalami ini sampai dewasa. Mereka suka hal-hal yang konsisten dan familier, misalnya selalu meminta rotinya dipotong menjadi 2 bagian dan mau mencoba makanan yang baru ketika Anda sudah menyajikannya berulang kali di atas piringnya.

 



Dilansir melalui Babycenter, pilih-pilih makanan atau picky eating juga bisa terjadi pada balita sedang menunjukkan kemandiriannya. Jadi, ia ingin menguji batas kekuasaan Anda dan menjelaskan bahwa ia mulai bisa mengontrol dirinya sendiri dengan cara pilih-pilih makanan.

 

Jika Si Kecil tidak bisa diam saat makan, Anda harus tetap membuatnya fokus dan tidak mendistraksinya dengan mainan atau tayangan seru di gadget agar ia mau makan. Tetaplah tenang dan berusahalah untuk tidak terpancing emosi menghadapi kerewelannya. (Sagar/DC/Dok. M&B UK)



Tags: balita,   anak,   makanan,   balita_pilih-pilih_makanan,   picky_eater










Cover Mei-Juni-Juli 2020