Mother&Baby Indonesia
Alergi dan Si Kecil: Langkah Pencegahan (3)

Alergi dan Si Kecil: Langkah Pencegahan (3)

Pengobatan paling ampuh untuk mengatasi alergi adalah dengan menghindari alergen alias zat-zat yang menyebabkan alergi tersebut. Meski alergi tidak bisa dihindari secara menyeluruh, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai langkah pencegahan, yaitu:

 



  • Jauhkan Si Kecil dari makanan yang memiliki potensi menyebabkan alergi, seperti susu sapi, putih telur, sereal gandum dan madu. Hindari pula makan makanan padat sampai usianya 6 bulan.

 



  • Usahakan mengisi ruang tidur Si Kecil dengan 1 tempat tidur saja dan tutuplah kasurnya dengan plastik anti-debu. Gunakan bantal dakron atau bantal karet dan gunakan selimut dari bahan katun, bukan dari bahan perca atau kapas. 

 

  • Bersihkan ruangan setiap hari sambil membuka semua pintu dan jendela agar udara segar masuk, kemudian tutup kembali. Saat membersihkan debu dari kamar Si Kecil, gunakan kain basah atau berminyak agar debu tidak berterbangan ke mana-mana dan singkirkan semua mainannya dari dalam kamar.

 

  • Jika memungkinkan, ganti semua perabotan yang berlapis kain dengan perabotan dari bahan yang bisa dilap, seperti lapisan kayu, vinil atau kulit. Untuk lantai, sebaiknya hindari penggunaan karpet dan ganti dengan lantai kayu atau linolium.

 

  • Jangan biarkan siapapun merokok di dalam ruangan rumah Anda. Asap yang diisap oleh perokok pasif dapat memperburuk gejala-gejala alergi.

 

  • Konsultasikan dengan dokter untuk memberi suntikan alergi pada Si Kecil sebagai langkah pencegahan. Saat ini, banyak sekali produk makanan yang menambahkan produk susu di dalamnya dengan berbagai alasan dan Anda tidak dapat mengenalinya karena pasti tidak dicantumkan dalam kemasan. Salah satunya, kasein yang merupakan suatu bentuk protein susu dan dapat memicu timbulnya alergi makanan. (Dina Christin/DC/Dok. M&B)



Tags: alergi,   anak,   kesehatan