Mother&Baby Indonesia
Perkembangan Otak Tentukan Karakter Anak

Perkembangan Otak Tentukan Karakter Anak

Kita mengenal istilah usia emas pada anak, yaitu pada rentang usia 0–5 tahun. Di usia tersebut otak Si Kecil baru berkembang. Ibarat spons yang menyerap air, ia menyerap informasi apapun yang ada di sekitarnya.

 

Namun sesungguhnya, masa yang terpenting dari usia emas itu adalah 3 tahun pertama Si Kecil. Apa yang terjadi selama 3 tahun itu sangat vital bagi kesuksesan anak kelak pada karier bahkan hubungannya dengan orang lain!



 

Riset menunjukkan bahwa otak seorang anak tumbuh 90 persen dari kapasitas otak dewasanya kelak selama 3 tahun pertamanya. Dan selama itu pula, otak merangkai “kabel-kabel”nya. Pada ulang tahun ke-3 nya, sekitar 1000 triliun kabel telah terkoneksi.

 



Namun rangkaian kabel-kabel di otak itu tidak berhenti begitu saja di usia 3 tahun. Kabel baru tetap tumbuh hingga usia 10–11 tahun. Setelah itu otak mulai melakukan spesialisasi untuk efisiensi. Bahkan kabel-kabel yang jarang digunakan mulai dieliminasi. Otak masih terus menumbuhkan rangkaian kabel-kabelnya hingga masa remaja, dan bagian-bagian yang penting akan terus tumbuh selama hidupnya.

 

Titik awal memang menentukan segalanya. Karenanya, bagaimana karakter Si Kecil terbentuk, ditentukan di 3 tahun pertamanya saat kabel-kabel otak mulai membentuk rangkaian koneksi. Siapa yang paling berperan penting dalam pembentukan karakter tersebut? Anda dan suami tentunya! (NK/Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: bayi,   balita,   anak,   perkembangan_otak,   karakter_anak










Cover Mei-Juni-Juli 2020