Mother&Baby Indonesia
Persiapan Berlibur Bersama Si Kecil Naik Pesawat

Persiapan Berlibur Bersama Si Kecil Naik Pesawat

Liburan telah tiba! Jika Anda membawa Si Kecil dan ingin memilih jalur udara untuk pergi ke tempat liburan yang dituju, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ya, Moms. Sebab, meski waktu tempuh menggunakan pesawat lebih cepat, Anda harus menyiapkan segala sesuatunya dengan baik supaya Anda, Si Kecil, dan penumpang yang lain nyaman selama di perjalanan.

 

Dilansir melalui Babycenter, bayi umumnya harus berusia di atas seminggu untuk diajak pergi menggunakan pesawat. Namun, setiap maskapai penerbangan memiliki peraturan masing-masing mengenai hal ini. Karenanya, ada beberapa pertanyaan yang perlu ditanyakan sebelum Anda memesan tiket, seperti :



1. Usia berapakah anak diperbolehkan mengikuti penerbangan di maskapai tersebut.
2. Apakah ada diskon untuk anak-anak dan sampai usia berapa diskon tersebut berlaku.
3. Bolehkah membawa car seat untuk mendudukkan bayi di kursinya sendiri. Beberapa maskapai penerbangan memperbolehkan ini sehingga Anda tidak perlu kerepotan memangku Si Kecil selama di perjalanan.
4. Perlukah maskapai tersebut mendapatkan data Si Kecil.
5. Jika Anda memangku Si Kecil, apakah terdapat masker oksigen ekstra di setiap tempat duduk.
6. Bagi yang membawa bayi atau anak kecil, apakah ada jalur khusus untuk masuk ke pesawat lebih dulu atau harus bersama dengan penumpang yang lainnya.
7. Apakah bayi dan anak kecil juga mendapatkan jatah bagasi.
8. Jika diperbolehkan membawa car seat, apakah sudah ada keterangan untuk pihak bandara bahwa car seat boleh dibawa naik ke atas pesawat.
9. Apakah disediakan tempat untuk mengganti popok.
10. Adakah makanan yang tersedia untuk bayi di dalam pesawat atau harus membawa sendiri. Jika harus membawa sendiri, bagaimanakah peraturan yang berlaku.
11. Bisakah Anda menyusui atau memanaskan ASI (jika membawa ASIP) di dalam pesawat.
12. Apakah kebutuhan bayi, misalnya popok, tersedia di pesawat,
13. Adakah tayangan atau lagu untuk anak-anak selama perjalanan di pesawat.



 

Jika informasi di atas sudah dijelaskan dengan baik dan memenuhi kriteria yang Moms inginkan, Anda bisa memesan tiket pesawat atau mencari maskapai penerbangan yang lainnya. Selamat berlibur! (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: bayi,   anak,   liburan,   pesawat








Cover Maret 2020