Mother&Baby Indonesia
Tips Melancarkan Persalinan

Tips Melancarkan Persalinan

Semua calon ibu tentu memimpikan persalinan yang lancar, tidak berlangsung lama, dan tanpa komplikasi. Agar impian itu terwujud, coba tips berikut ini yuk, Moms!

 



Rutin berolahraga
Belum ada memang olahraga khusus yang terbukti memperlancar persalinan. Namun menurut The American Congress of Obstetricians and Gynecologists, rutin berolahraga dapat membuat Anda lebih bisa menahan sakit saat persalinan dan meningkatkan stamina. Mempelajari teknik pernapasan juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan tubuh menahan rasa sakit. Lakukanlah olahraga yang berfokus pada teknik pernapasan, seperti yoga.

 

Simpan energi
Saat Anda mulai mengalami kontraksi dan menunggu kontraksi lebih intens sebelum ke rumah sakit, usahakan tetap rileks. Bila Anda panik dan tegang saat pergi ke rumah sakit, energi pun akan terkuras. Mandi air hangat atau meminta suami memijat Anda akan membuat Anda lebih santai. Makan camilan sehat dan minum banyak air sebelum ke rumah sakit pun bisa membantu Anda menyimpan energi yang diperlukan dalam persalinan.



 

Jangan berbaring terus
Banyak bergerak menjelang persalinan bermanfaat untuk lebih mendorong pergerakan bayi menuju jalan lahir. Berjalan-jalan juga dapat membantu mengalihkan perhatian Anda dari ketegangan menunggu persalinan.

 

Dengarkan instruksi dokter atau bidan
Di dalam ruang bersalin, ikuti instruksi dokter atau bidan kapan dan seberapa kuat Anda harus mengejan. Dengan mendengarkan instruksi mereka, Anda tidak perlu membuang tenaga untuk mengejan pada saat yang salah. Bahkan Anda juga bisa menghindari robeknya jalan lahir dengan mengikuti instruksi dokter atau bidan saat mengejan.

 

Berpikiran terbuka dan fleksibel
Anda pasti sudah punya rencana dan keinginan untuk menjalani proses persalinan seperti apa, namun tetap buka diri, serta pikiran pada kemungkinan yang dapat terjadi pada hari-H. Jangan terlalu membebani diri sendiri. Saat kenyataan tidak sesuai dengan rencana, tak perlu melihatnya sebagai sebuah kegagalan karena Anda akan bertambah tegang dan menyulitkan proses persalinan. (Theresia Widiningtyas/DC/Dok. M&B)
 



Tags: persalinan,   tips,   birth,   info,   pregnancy