Mother&Baby Indonesia
Merawat Bayi Prematur dengan Kangaroo Mother Care

Merawat Bayi Prematur dengan Kangaroo Mother Care

Kangaroo mother care atau Perawatan Metode Kanguru (PMK) merupakan metode perawatan bayi dengan berat lahir rendah atau prematur untuk menjaga kestabilan suhu tubuhnya di luar inkubator. Seperti namanya, metode ini merupakan kontak dari kulit ke kulit antara bayi dan orangtua dengan cara mendekatkan bayi pada dada Anda atau suami. Menurut penelitian, PMK dapat mengurangi risiko infeksi, hipotermia, infeksi saluran pernafasan bawah, penyakit akut, dan mengurangi lama perawatan di rumah sakit pada bayi lahir prematur.

 

Bila bayi Anda lahir dengan berat rendah atau prematur, tanyakan kepada pihak rumah sakit apakah bisa melakukan PMK. Perlu diketahui bahwa bayi yang sangat prematur atau kesehatannya tidak stabil tidak bisa menjalani perawatan ini. Namun, sering kali PMK juga diterapkan pada bayi yang terhubung dengan berbagai selang dalam inkubator. Dengan syarat selama melakukannya, Anda berada di dekat mesin dan tidak bergerak terlalu jauh. Berikut tips untuk melakukan PMK: 





 

  • Gunakan atasan yang bisa dibuka dari depan.
  • Selalu cuci tangan sebelum menggendong bayi.
  • Biarkan bayi hanya memakai popok atau ditambah topi agar kepalanya tetap hangat.
  • Posisikan bayi pada dada di antara payudara Anda atau bungkus bayi dengan atasan Anda untuk menjaganya tetap hangat.
  • Bersandar atau berbaringlah, rileks, dan nikmati kedekatan Anda bersama Si Bayi. (Theresia Widiningtyas/DC/Dok. Chocchildrens)



Tags: bayi,   prematur,   kangaroo_mother_care,   perawatan,   info










Cover Mei-Juni-Juli 2020