Mother&Baby Indonesia
Tips Relaksasi Jelang Persalinan dengan 5 Indera

Tips Relaksasi Jelang Persalinan dengan 5 Indera

Kondisi tubuh yang rileks akan sangat membantu kelancaran persalinan. Dan, kelima indera Anda ternyata bisa digunakan untuk mewujudkannya. Lakukan beberapa teknik berikut ini. 

 

Indera peraba
Sentuhan telah terbukti dapat mengurangi kadar hormon stres, seperti adrenalin dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa adrenalin dalam jumlah besar dapat memperlambat proses persalinan. Mintalah suami untuk memijat area pundak, tangan, dan kaki Anda dengan lembut. Gunakan baby oil atau minyak esensial aromaterapi yang aman untuk bumil saat melakukan pemijatan. Selain itu, mandi di bawah shower dan merasakan tetesannya pada kulit juga dapat menciptakan sensasi rileks pada tubuh.



 

Indera pengecap
Makanan manis sekaligus asam dapat menstimulasi kelenjar ludah kita dan memberikan suntikan energi. Rasa asam juga membantu meredakan mual. Jeruk, permen asam manis, es loli dan minuman ringan rasa buah-buahan juga akan membantu tubuh Anda lebih rileks jelang persalinan.

 

Indera penglihatan
Sambil menunggu pembukaan jalan lahir di kamar rumah sakit, Anda dapat memandangi foto keluarga tercinta, tempat favorit, atau pemandangan indah lainnya untuk memberikan rasa rileks. Meredupkan lampu di dalam kamar juga bisa memberikan suasana yang lebih rileks.



 

Indera penciuman
Bau-bauan yang familiar akan membangkitkan sensasi menyenangkan. Anda bisa membawa benda dari rumah, misalnya selimut, baju suami, atau aromaterapi yang disukai agar lebih rileks.

 

Indera pendengaran
Musik yang menenangkan atau lantunan ayat-ayat kitab suci dapat memberikan efek relaksasi. Jika Anda mengikuti kelas persiapan persalinan, dengarkan pula musik yang pernah diputarkan di sana. Ingatan yang mengacu pada suasana di kelas tersebut akan membantu Anda menjadi lebih rileks saat persalinan. Dalam kondisi ini, aliran oksigen juga akan mengalir lebih lancar menuju rahim dan Si Bayi, sehingga persalinan pun akan lebih mudah. (Theresia Widiningtyas/DC/Dok. M&B)



Tags: persalinan,   kelahiran,   tips,   trik,   relaksasi