Mother&Baby Indonesia
Tidur Nyenyak di Trimester Akhir Kehamilan

Tidur Nyenyak di Trimester Akhir Kehamilan

Memasuki trimester akhir kehamilan, bumil kerap mengalami berbagai gangguan tidur, seperti posisi tidur tidak nyaman, kram di kaki saat tidur, susah tidur, hingga mengorok. Kebanyakan bumil mengorok karena adanya sumbatan di saluran pernapasan ditambah dengan rahim yang menekan diafragma. Jika mengorok disertai dengan mengantuk luar biasa di siang hari, sakit kepala, dan kaki yang membengkak, Anda perlu waspada. Gejala-gejala tersebut dapat menjadi indikasi adanya tekanan darah tinggi, pre-eklampsia, dan gangguan tumbuh kembang janin. Sementara penyebab bumil kram saat tidur diduga karena kelebihan fosfor dan kekurangan kalsium dalam peredaran darah. Untuk mengatasi gangguan tidur tersebut, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

 

- Tidur dengan berbaring menghadap ke kiri. Posisi ini akan melancarkan aliran darah ke rahim, janin, dan ginjal Anda. Hindari posisi tidur telentang untuk sementara waktu, karena berat janin dapat menekan tulang punggung dan mengakibatkan cedera.



 

- Gunakan bantal khusus kehamilan, yang didesain khusus mengikuti anatomi bumil.

 

- Jika mengalami kram kaki, hindari minuman berkarbonasi seperti soda. Saat serangan kram terjadi, luruskan kaki dan tarik telapak kaki ke arah lutut. Lakukan peregangan ini beberapa kali sebelum tidur untuk menghindari kram.



 

- Apabila Anda mengorok, cek tekanan darah dan kadar protein dalam urine. Jika gangguan kesehatan ini segera terdeteksi, dokter juga dapat lebih cepat menanganinya. 

 

- Saat susah tidur, tidak perlu memaksakan diri untuk segera terlelap. Membaca buku, menulis diari, atau mandi air hangat dapat membantu Anda lebih rileks dan menimbulkan rasa kantuk. (Theresia Widiningtyas/DC/Dok. M&B)



Tags: kehamilan,   trimester_akhir,   tips,   tidur