Mother&Baby Indonesia
5 Pereda Alami Morning Sickness

5 Pereda Alami Morning Sickness

Di awal kehamilan, sebagian besar Moms mengalami morning sickness atau mual dan muntah. Kondisi ini terkadang tidak hanya terjadi di pagi hari, melainkan sepanjang hari. Untuk meredakan rasa mual, Anda dapat melakukan 5 cara alami berikut ini.

 

1. Akupunktur
Metode penyembuhan dari Tiongkok ini dapat menyeimbangkan hormon, membantu liver memproses hormon secara lebih efisien, dan mengurangi stres, serta rasa lelah. Kedua kondisi terakhir tersebut merupakan faktor pemicu morning sickness.



 

2. Pijat prenatal
Pijat prenatal dapat meredakan gejala morning sickness secara efektif, karena mengurangi stres dan membuat Anda lebih rileks sehingga dapat beristirahat dengan nyaman. Tetapi, sebaiknya lakukan pijat prenatal dengan terapis yang tersertifikasi.

 

3. Jahe
Minum air rebusan jahe atau mencampurnya dengan teh adalah salah satu cara paling ampuh mengusir rasa mual. Formula terbaik adalah menggunakan jahe asli, dibandingkan menyeduh minuman jahe instan.



 

4. Makan dalam porsi sedikit, tetapi sering
Kadar gula darah yang rendah juga menjadi faktor pemicu morning sickness. Karena itu, alih-alih makan 3 kali sehari, coba ganti menjadi 6 kali sehari dengan jeda tak lebih dari 3 jam. Pastikan ada karbohidrat dan protein dalam setiap menu yang dikonsumsi untuk membantu menstabilkan kadar gula darah.

 

5. Biskuit asin
Makanlah sedikit biskuit asin di pagi hari, tetapi lakukan sebelum Anda bangun dari tempat tidur. Kunyah biskuit perlahan sambil berbaring selama 15-20 menit. Cara ini dapat membantu menghilangkan kelebihan gas di dalam perut dan meningkatkan kadar gula darah. (Theresia Widiningtyas/DC/Dok. M&B)



Tags: morning_sickness,   kehamilan,   persalinan