Mother&Baby Indonesia
Ngidam yang Tidak Biasa

Ngidam yang Tidak Biasa

Ibu hamil ngidam makanan tertentu adalah hal yang wajar. Tetapi, bagaimana kalau ngidam-nya bukan makanan, melainkan tanah, batu, deterjen, atau abu rokok? Ternyata, kondisi ngidam yang aneh ini memang bisa terjadi pada ibu hamil dan disebut dengan istilah pica. Karenanya jika Anda mengalaminya, jangan langsung berpikir terkena guna-guna atau hal lain yang berkaitan dengan mistik ya, Moms.

 

Penyebab pica hingga saat ini memang belum diketahui secara pasti. Namun menurut Journal of American Dietetic Association, ada kemungkinan kalau pica berhubungan dengan kurangnya zat besi dalam tubuh. Sebagian peneliti menduga, pica terjadi karena tubuh berusaha memperoleh vitamin atau mineral yang belum tercukupi dari asupan makanan sehari-hari. Ada pula yang mengaitkan pica dengan penyakit fisik atau mental.



 

 

Selain tanah, batu, abu rokok, dan deterjen, pengidap pica juga kerap ngidam es batu, sisa korek api yang sudah terbakar, kapur barus, sabun, pasta gigi, baking soda, bubuk kopi, tepung maizena, hingga plester. Perlu diketahui bahwa mengonsumsi benda yang bukan makanan tentu berbahaya bagi janin dan diri Anda sendiri. Tindakan ini dikhawatirkan akan mengganggu penyerapan nutrisi makanan, sehingga menyebabkan malnutrisi. Selain itu, racun atau parasit yang mungkin ada pada benda-benda tersebut juga berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan.



 

 

Jika Anda mengalami ngidam yang tidak biasa ini, jangan langsung panik atau takut! Ungkapkan dengan jujur kondisi Anda kepada dokter kandungan. Selain itu, penuhi kebutuhan zat besi tubuh dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi, seperti bayam, edamame, telur, dan daging sapi. Alihkan keinginan untuk mengonsumsi benda-benda 'tidak biasa', misalnya dengan mengunyah permen karet bebas gula. Beritahu teman-teman Anda mengenai kondisi ini dan minta mereka membantu mengingatkan jika Anda mulai tergoda untuk mengonsumsinya kembali. (Theresia Widiningtyas/DC/Dok. Softpedia.static.com)



Tags: ngidam,   kehamilan,   ibu_hamil








Cover Maret 2020