Home - Bayi - Tanya Ahli Bayi / 19 Juli 2015 / Redaksi

Keputihan Pada Bayi

Dijawab oleh: dr. M. Vinci Ghazali, Sp.A, Brawijaya Women and Children Hospital, Jakarta.

 

T: Beberapa minggu yang lalu, saya menemukan cairan seperti keputihan di popok putri saya yang baru berusia 2 bulan. Apakah bayi juga bisa mengalami keputihan dan seriuskah masalah ini?



 

J: Semua wanita di segala usia bisa mengalami keputihan. Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina selain darah. Ada dua jenis keputihan, yaitu keputihan fisiologis (normal) dan keputihan patologis (abnormal). Keputihan fisiologis antara lain berciri: cairan vaginanya bening, tidak berbau, dan tidak menyebabkan gatal atau keluhan lain. Sementara keputihan patologis terjadi jika cairan vagina berbau dan berwarna-- putih kemerahan karena mengandung darah atau kehijauan akibat infeksi bakteri, fungi, atau parasit lainnya.



 

Penyebab keputihan pada bayi dan anak biasanya karena cara membersihkan alat kelamin yang salah. Arah membersihkan alat kelamin pada bayi perempuan yang benar adalah dari arah depan (vagina) ke belakang (anus) agar kotoran tidak masuk ke dalam vagina. Kebersihan alat untuk pembersihnya juga harus diperhatikan. Jangan membersihkan alat kelamin Si Kecil dengan tisu, karena serpihannya mudah tertinggal. Hindari pula membiarkan  popoknya dalam keadaan basah atau lembap terlalu lama. Jika faktor penyebab tadi sudah dihindari dan Si Kecil masih mengalami keputihan, segera bawa ia ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. (Karina/Sagar/DT/Dok. M&B)

 

 


RELATED ARTICLE

Vaksin Hepatitis B Untuk Si Kecil

Penyebab Kantong Mata Hitam

Amankah Tindik pada Bayi?

OTHER ARTICLES

Nama Anak bisa Pengaruhi Kreativitas & Percaya Dirinya

Sebaiknya Waspada! Ini Bahaya Kabut Asap buat Ibu Hamil

Mata Balita Minus? Ini Penyebabnya, Moms

Nyeri saat Menyusui? Ketahui 7 Fakta Mastitis, Moms!

Teori-teori Tentang Parenting yang Tidak Ada di Buku