Mother&Baby Indonesia
Manfaat Tayangan Sesame Street

Manfaat Tayangan Sesame Street

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh ekonom dari Wellesley College dan University of Maryland, Amerika Serikat mengungkapkan, bahwa hasil belajar siswa pra sekolah yang menonton tayangan Sesame Street secara rutin dilaporkan memperlihatkan perkembangan positif, terutama untuk nilai-nilai di sekolah dan performa akademik di sekolah dasar ketimbang anak yang tidak menonton.

 

Seperti dikutip dari Huffingtonpost, hasil penelitian menunjukkan bahwa tayangan televisi untuk anak, Sesame Street, program yang mengedepankan belajar dan bermain yang sukses mempopulerkan tokoh Elmo dan Cookie Monster pada anak-anak itu memiliki dampak positif anak laki-laki dan anak-anak dari lingkungan yang kurang beruntung secara ekonomi.

 

Levine dan Melissa Kearney, yang juga anggota tim peneliti, mengemukakan bahwa media elektronik dan tayangan edukatif dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan dan menurunkan perbedaan rasial dalam kesiapan anak untuk sekolah. Studi ini menunjukkan bahwa Sesame Street memiliki manfaat bagi satu generasi anak-anak. Oleh karena itu, penting untuk memberikan asupan tayangan yang mendidik dan bermanfaat bagi anak, sekaligus mampu meningkatkan potensi dirinya.

 

"Yang pasti, program televisi sebagus apa pun, tidak akan bisa menggantikan manfaat interaksi anak dengan anak lain seusianya dan menjelajah dunia di bawah bimbingan dari guru dan keluarga yang penuh kasih sayang, kepedulian, dan kreativitas," ujar craig Bach, wakil direktur pendidikan dan anggota Educational Advisory Board Goddard School.

 

(Asti Wulan/DT/dok.M&B UK)



Tags: televisi,   sesame_street,   program_anak