Mother&Baby Indonesia
Salahkah Memanjakan Anak?

Salahkah Memanjakan Anak?

Orangtua pada umumnya memang selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Tapi, tak selamanya apa yang anak inginkan orangtua harus menurutinya. Bukan tak mungkin, dengan memberikan semua keinginannya, justru dapat menggangu perkembangan Si Kecil maupun kehidupan sosialnya. Berikut ini efek negatif yang diakibatkan terlalu memanjakan anak seperti dikutip dari Everydaylife:

 

1. Anak Menjadi Ketergantungan
Anak-anak yang biasa dimanjakan bisa menjadi sangat bergantung pada orangtua. Peneliti Connie Dawson dan David J. Bredehoft mengutip sebuah studi yang menunjukkan, orang dewasa yang waktu kecilnya dimanjakan percaya bahwa sumber kebahagiaan berasal dari orang lain bukan diri mereka sendiri.
2. Cenderung Tidak Bertanggung Jawab
Saat anak-anak terlalu dimanjakan, mereka tidak akan belajar perilaku bertanggung jawab. Menurut Baton Rouge Parents Magazine, anak-anak manja akan cenderung berperilaku boros, tidak dapat mengontrol nafsu makan, dan mudah mabuk-mabukan.
3. Kesulitan Memiliki Teman
Karena ia tidak belajar bagaimana menghormati orang lain, anak manja sulit membangun persahabatan. Bruce J. McIntosh, MD, menulis dalam Jurnal Pediatrics bahwa anak menjadi tidak peka terhadap kebutuhan orang lain.
4. Pembangkang
Anak manja terbiasa merengek, memaksa, hingga melakukan berbagai macam cara agar keinginannya terpenuhi. Membangkang adalah cara yang ia lakukan ketika sesuatu tidak berjalan seperti yang diharapkannya.
5. Tak Mau Berusaha
Anak yang segala sesuatunya dengan mudah terpenuhi, menjadi miskin motivasi sehingga malas berusaha. Anak manja juga mudah marah ketika keinginannya tidak terkabul.

 

(Asti Wulan/DT/dok.M&B UK)



Tags: anak_manja,   memanjakan_anak,   manja,   anak








Cover Maret 2020