Mother&Baby Indonesia
Cermat Memilih Daycare

Cermat Memilih Daycare

Masalah ibu bekerja adalah susahnya mendapatkan pengasuh yang cocok bagi Si Kecil. Apalagi, biasanya pasca hari raya, pengasuh lama yang pulang kampung tak kunjung datang. Salah satu cara agar Moms tetap bisa bekerja dengan tenang dan Si Kecil pun terjaga dengan baik adalah dengan menggunakan jasa penitipan anak atau daycare. Ada baiknya Anda memerhatikan hal-hal berikut ini sebelum memutuskan memilih daycare, sebagaimana dikutip dari Kidshealth.org dan Babycenter.com:

 

- Hal utama yang perlu diperhatikan adalah adanya ruang terpisah antara bayi dan balita. Kalau anak Anda masih bayi, ruang terpisah ini sangat penting karena jangan sampai saat sedang asik bermain, Si kecil tiba-tiba terinjak atau tertindih balita lain yang lebih besar. Kegiatan bayi dan balita yang berbeda juga perlu pengawasan yang berbeda.
- Minta kepastian jumlah pengasuh yang ada di sana dan jumlah anak yang dititipkan setiap harinya. Sebaiknya tiap dua anak mendapatkan satu orang pengasuh. Jangan sampai anak dipegang oleh satu pengasuh bersama dengan tiga atau empat anak lain. Bisa-bisa Si Kecil tidak diperhatikan selama berada di daycare. Untuk memastikan data yang diberikan oleh pihak daycare akurat, kunjungi langsung ruangan bermain anak untuk melihat kesigapan dan kesanggupan para pengasuhnya.
- Mengecek ruang bermain adalah suatu keharusan. Paling utama yang harus diperhatikan, ruang bermain anak harus aman dan bersih. Aman artinya tidak ada benda-benda yang bisa membahayakan Si Kecil di dalam ruang bermain tersebut, sedangkan bersih menandakan daycare tersebut membersihkan ruang bermain anak secara rutin. Jika ruang bermainnya sudah aman dan bersih, biasanya anak akan lebih mudah beradaptasi dan merasa nyaman.
- Untuk menjaga keselamatan Si Kecil selama Anda titipkan, alangkah lebih baik jika daycare memiliki seorang dokter anak atau psikolog untuk menangani kasus-kasus yang terkait dengan anak. Jika memang mereka tidak menyediakannya, pastikan lokasi rumah sakit, klinik, atau pusat kesehatan tidak  jauh dari daycare tersebut. Dengan begitu, jika terjadi sesuatu, Si Kecil bisa cepat ditangani oleh ahlinya.
- Bila Anda tidak sempat membuatkan makanan untuk Si Kecil, cari daycare yang menyediakan menu makanan untuk anak-anak. Minta mereka untuk menunjukkan menu apa saja yang disajikan kepada anak tiap harinya.
-  Tempat pengasuhan anak yang baik adalah yang memiliki beberapa program edukatif yang mengajak anak bermain sambil belajar. Dengan begitu, anak tidak merasa bosan karena melakukan kegiatan yang sama setiap hari.
- Sesuaikan biaya daycare dengan budget yang Anda miliki. Jangan memaksakan diri memilih daycare yang mahal hanya karena beberapa alasan yang sepele, seperti gengsi. Murah atau mahal, bagaimanapun kenyamanan dan keselamatan Si Kecil adalah hal yang utama.

 

(Asti Wulan/DT/dok.M&B UK)


 



Tags: daycare,   day_care,   tips_memilih_daycare










Cover Mei-Juni-Juli 2020