Mother&Baby Indonesia
Tips Kurangi Konflik dengan Pasangan

Tips Kurangi Konflik dengan Pasangan

Pertengkaran atau adu argumen dengan pasangan memang seringkali tak dapat terhindarkan, terutama sejak kehadiran sang buah hati. Banyak hal yang menyebabkan selisih paham di antara Anda berdua. Namun, sebagai pasangan suami istri, Anda dan pasangan tentu perlu mengendalikan diri. Berikut beberapa trik dari sumber M&B UK yang bisa Anda coba untuk mengendalikan pertengkaran Anda dan pasangan.

 

1. Bicarakan

Bicarakan baik-baik dengan pasangan apa yang Anda rasakan. Jangan terburu-buru menyalahkan dan menuduh pasangan Anda melakukan hal atau kesalahan yang belum tentu ia lakukan. Percayalah, ungkapan kejujuran Anda tidak membuatnya marah. Ia akan mendengarkan pengakuan Anda dan juga mengungkapkan perasaannya.

 

2. Batasi Pertengkaran
Berdebat terlalu lama dapat menyebabkan Anda berdua merasa frustrasi dan akhirnya hanya berputar-putar pada masalah yang sama. Tentukan batas waktu untuk mendiskusikan masalah Anda berdua. Jika masih belum terpecahkan setelah 10 menit, alihkan ke topik lain. Bicarakan kembali masalah Anda berdua pada lain waktu lain saat emosi Anda dan pasangan mereda.

 

3. Kendalikan Intonasi Anda
Jaga intonasi suara Anda agar tetap stabil. Semakin tinggi intonasi suara dan semakin meledak amarah Anda, Anda akan terlihat sebagai pasangan yang agresif dan tempramen.

 

4. Ungkapkan Melalui Tulisan
Jika Anda terlalu sulit untuk menahan emosi saat berbicara langsung dengan pasangan Anda, coba ungkapkan melalui tulisan. Ungkapkan apa saja poin-poin masalah yang membuat Anda kecewa. Dengan menulis, Anda akan berusaha menyusun kata dengan akal yang lebih sehat dan emosi yang lebih baik. Anda juga dapat menghindari kata-kata kasar melalui tulisan Anda. Setelah itu, baru bicarakan langsung padanya setelah Anda berdua lebih tenang. (Aulia/dok.M&B)
 



Tags: konflik,   pasangan,   relationship,   suami,   istri,   keluarga,   rumahtangga










Cover Mei-Juni-Juli 2020