Mother&Baby Indonesia
Mengajarkan Anak Pandai Bersyukur

Mengajarkan Anak Pandai Bersyukur

Setiap orangtua pasti menginginkan anak agar tumbuh menjadi pribadi yang selalu bersyukur dan berterimakasih atas apa yang dimilikinya. Tentu Anda  tidak ingin jika buah Si Kecil berpusat pada diri sendiri dan menjadi pribadi dewasa yang selalu mementingkan diri sendiri.

 

Lantas hal apa yang bisa dilakukan orang tua agar dapat mengajarkan anak-anaknya untuk selalu bersyukur? Simak ulasan di bawah ini seperti dikutip dari Parents.com:
-  Mulai Sejak Dini
Sedini mungkin, ajari anak tanamkan pada anak sifat selalu bersyukur. Hal ini dapat dimulai dengan tidak secara langsung memberikan apa yang mereka inginkan. Memang tidak jadi masalah jika Anda ingin memberikan barang-barang yang bagus untuk anak. Namun jika setiap kali anak menginginkan sesuatu dan Anda langsung mengabulkannya dengan seketika, hal ini akan Si Kecil merasa memiliki hak untuk mendapatkan barang tersebut dan tidak mengerti bagaimana untuk bersyukur memiliki sesuatu.
-  Jadilah Contoh untuk Si kecil
Cara jitu mengajarkan anak akan sesuatu adalah dengan menjadi contoh yang baik untuk mereka. Sebab sebuah teori saja tidak cukup, anak perlu melihat bukti nyata yang dilakukan oleh orangtuanya, sehingga ia dapat meniru dan mengaplikasikan hal baik tersebut menjadi sebuah kebiasaan. Misalnya, bila anak melihat orangtuanya sering berhemat, bersyukur dan beramal, secara tidak langsung mereka akan menjalankan ajaran tersebut hingga mereka tua nanti.
-  Mendapat Satu, Berikan Satu
Menanamkan sikap bersyukur pada anak juga bisa dilakukan dengan menerapkan ajaran “dapat satu, berikan satu”. Misalnya ketika Si Kecil mendapatkan boneka atau barang baru lainnya, ajarkan anak untuk memberikan mainan lamanya kepada orang lain. Menyumbangkan barang kepada orang lain yang lebih membutuhkan adalah pola pengajaran terbaik bagaimana mengajarkan anak untuk bersyukur
-  Aktif dalam Kegiatan Sosial
Ajak Si Kecil untuk terlibat dalam kegiatan social, membantu orang yang membutuhkan. Tak harus langsung terjun ke lapangaan, Anda bisa mengawalinya dari hal kecil seperti mengikuti acara amal di lingkungan Anda. Dan yang utama, selalu ajak Si Kecil untuk berdoa dan bersyukur pada Tuhan yang menciptakannya.






(Asti Wulan/DT/dok.freedigitalphotos)



Tags: anak_bersyukur,   bersyukur,   mengajarkan_anak_bersyukur










Cover April 2020