Mother&Baby Indonesia
Cara Jitu Hadapi Si Cengeng

Cara Jitu Hadapi Si Cengeng

Apakah Si Kecil suka menangis atau mudah meneteskan air mata karena perasaannya tersentuh? Tenang saja. Pada usia balita, perilaku cengeng memang merupakan salah satu bentuk ekspresi untuk mengungkapkan emosi mereka.

 

Biasanya Si Kecil menjadi cengeng jika merasa tidak nyaman dan membutuhkan teman. Namun, ada juga balita yang menggunakan tangisan sebagai senjata untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Daripada Anda pusing, simak tips jika Si Kecil adalah tipe balita yang cengeng!
1. Kenali penyebab tangisannya. Anda harus lebih peka memahami kebutuhan anak sebab Si Kecil mungkin belum dapat mengungkapkan keinginan maupun perasaannya secara tepat.
2. Ajak Si Kecil berkomunikasi dan bantu untuk mengekpresikan keinginan tanpa harus menangis.
3. Jika Si Kecil mulai cengeng, jangan sampai Anda terpancing emosi dan memberikan perhatian berlebihan.
4. Jangan bertanya saat Si Kecil menangis, biarkan ia tenang terlebih dahulu. Setelah ia dapat mengendalikan dirinya, barulah Anda dapat menanyakan apa yang membuatnya menangis.
5. Bila Si Kecil tidak berperilaku cengeng untuk mendapatkan perhatian atau keinginannya, berikan ia penghargaan. Anda bisa memberikan pelukan dan ciuman atau memberikan makanan favoritnya. (FBS/Sagar/Dok. M&B)







Tags: balita,   anak,   menangis,   cengeng