Mother&Baby Indonesia
ASI dan Susu Formula

ASI dan Susu Formula

Setelah melahirkan, keputusan besar yang harus ibu lakukan adalah memberikan makanan bernutrisi untuk bayinya. ASI adalah pilihan yang terbaik. Namun, ternyata tidak semua ibu beruntung bisa memberika ASI pada bayi mereka.

 



ASI (Air Susu Ibu) adalah cairan unik berisi nutrisi penting yang tidak dapat digantikan secara penuh oleh susu lainnya. Banyak ahli, termasuk American Academy of Pediatrics menyarankan ibu memberikan ASI kepada anak karena ASI dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit yang biasa menyerang ketika anak mulai memasuki usia dewasa (diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi), menjaga anak dari alergi, meningkatkan kecerdasan, melindungi dari obesitas, dan mengurangi kemungkinan terkena risiko kematian mendadak. Tidak hanya itu, ASI juga berguna bagi sang ibu. Menyusui mengurangi tingkat stres dan depresi pasca-melahirkan, juga turut memperkecil kemungkinan terserang berbagai tipe kanker.

 



Lalu, bagaimana jika ASI tidak lancar atau bahkan tidak keluar sama sekali? Berkonsultasilah dengan dokter anak mengenai jenis susu apa yang cocok untuk anak Anda, mengacu kepada riwayat kesehatannya.

 

Sebagai ibu baru, yakinlah bahwa Anda adalah ibu yang baik karena sudah berusaha memberikan nutrisi terbaik untuk anak. Jangan biarkan tekanan lingkungan memengaruhi pilihan Anda.

 

(Fifi Juliana/DT/dok.freedigitalphotos)



Tags: asi,   susu_formula,   sufor,   menyusui