Mother&Baby Indonesia
10 Cara Ampuh Atasi Bayi Mogok Menyusu

10 Cara Ampuh Atasi Bayi Mogok Menyusu

Entah kenapa tiba-tiba bayi menolak untuk menyusu kepada Anda. Ini biasa disebut dengan nursing strike. Alasannya kadang misteri, tetapi seringkali karena bayi merasa tidak senang terhadap sesuatu. Nursing strike adalah bentuk komunikasinya kepada ibu. Apa pun alasannya, jangan biarkan berlarut dan akhirnya membuat proses menyusu terhenti. Simak solusi di bawah sebagai panduan jika hal tersebut terjadi kepada Anda.

 

1. Cari tahu apakah ia mengalami masalah fisik. Seorang ibu pernah menemukan sepotong kecil kertas menyangkut di langit-langit mulut anaknya. Setelah kertas diambil, anaknya pun kembali menyusu dengan gembira. Bayi lain mogok karena mengalami infeksi pada telingannya. Bisa juga, karena parfum baru, yang membuatnya tak lagi mengenali bau Anda.




2. Usahakan jangan memberinya dot atau botol susu. Sekali ia menemukan kenyamanan dalam bentuk lain, ia akan melupakan payudara Anda untuk seterusnya. Biarkan bayi menunggu hingga waktu makannya kembali datang. Saat itu, coba sodorkan payudara Anda.


3. Saat bayi mogok menyusu, perah susu agar produksinya tetap lancar sekaligus mencegah payudara tersumbat. Anda bisa memberikan susu kepada bayi dengan menggunakan cangkir atau simpan dalam freezer.


4. Sabar! Pemaksaan bisa jadi membuat situasi bertambah buruk. Anda tentu ingin membuatnya senang dan relaks saat menyusu. Peluk anak dengan kulit saling menyentuh tanpa tekanan untuk menyusu.


5. Kadang waktu yang terbaik untuk menyelesaikan masalah ini adalah ketika ia tidur, mengantuk, atau baru bangun tidur. Tapi, lagi-lagi, jangan paksa kalau ia tampak belum mau.


6. Mandi di dalam air hangat. Pada saat itu, bayi biasanya merasa relaks. Coba sodori payudara Anda. Kalau tidak, ajak ke luar rumah. Matahari dan udara segar mungkin bisa mengembalikan moodnya untuk menyusu.




7. Bergerak. Gendong dan ayun bayi sambil posisikan menyusu selagi Anda berjalan-jalan di dalam rumah. Boleh juga coba susui di kursi goyang.


8. Di ruang yang hening dan nyaman, matikan lampu. Kondisi ruangan yang gelap dan sunyi biasanya membuat bayi nyaman sehingga terpancing untuk mendekati ibu.


9. Setel musik. Pilih lagu yang menenangkan sambil Anda bernyanyi lembut di telinganya. Kedekatan bayi dengan suara yang sudah didengarnya sejak di kandungan semoga dapat membuatnya nyaman dan mau mencoba menyusu lagi.


10. Ini terutama bagi anak yang sudah agak besar, menghabiskan waktu bersama teman-teman sepantaran yang masih menyusu dapat mengingatkannya akan nikmatnya menyusu. Jadi, ajak teman-temannya main ke rumah.

 

(Fifi Juliana/DT/dok.M&B UK)



Tags: bayi,   asi,   nursing_strike,   stop_menyusu








Cover Maret 2020