Mother&Baby Indonesia
Jeruk Bali dan Kesehatan Jantung

Jeruk Bali dan Kesehatan Jantung

Makan buah-buahan telah lama diketahui memiliki efek yang menyehatkan tubuh. Dan sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi segelas jus jeruk bali setiap hari akan menyehatkan pembuluh darah dan dapat melindungi Anda terhadap penyakit jantung. Hanya setengah pint sehari sudah cukup untuk memperlancar sirkulasi darah Anda.

 

Temuan yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition ini mengidentifikasi bahwa zat kimia flavanon yang dikandung oleh jeruk Bali berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung. Peneliti melakukan sebuah tes yang disebut flow-mediated dilation, tes yang dirancang untuk menunjukkan seberapa elastis dan fleksibelnya dinding arteri. Semakin elastis dinding arteri, semakin baik karena memungkinkan darah mengalir lebih bebas ke jantung. Dalam laporan penelitian, para peneliti mengatakan bahwa wanita pasca menopause yang mengonsumsi jus jeruk Bali ini secara reguler akan terhindar dari dinding arteri yang kaku.



 

Namun, pasien yang telah menderita penyakit jantung sebelumnya, harus berhati-hati, karena  jus jeruk bali ini dapat mengganggu kerja obat-obatan yang ia konsumsi. Efek obat yang digunakan untuk mengobati mengangkat kolesterol atau tekanan darah tinggi dapat meningkat secara signifikan setelah mengonsumsi 1 gelas jus, dan akan meningkatkan risiko efek samping yang lebih besar.



(Tammy/DT/Dok. Freedigitalphotos)

 



Tags: jantung,   jeruk_bali










Cover Mei-Juni-Juli 2020