Mother&Baby Indonesia
Minyak Kelapa untuk Kesehatan Mulut

Minyak Kelapa untuk Kesehatan Mulut

Terapi oil pulling baru-baru ini menjadi tren di kalangan pengguna Instagram. Terapi ini sebenarnya merupakan salah satu sistem pengobatan tradisional Ayurvedic yang sudah ada sejak 3.000 tahun silam. Oil pulling dilakukan dengan berkumur-kumur menggunakan minyak kelapa selama 5-20 menit lalu membuangnya pada saat pagi hari dan dipercaya mampu membersihkan mulut, membuat kulit lebih bersinar, menghilangkan kantong mata, hingga melawan kelelahan dan flu!

 

Penelitian terbaru pun menunjukkan terapi oil pulling ini memang terbukti baik bagi kesehatan mulut. Healthista.com menuliskan studi yang dipublikasikan pada April 2015 di Nigerian Journal of Medicine ini melakukan pengujian metode terapi ini kepada 60 orang berusia 16-18 tahun dan melakukannya secara rutin selama 30 hari.



 

Hasilnya, tingkat plak dan masalah gusi mereka menurun di hari ke-7 dan semakin berkurang hingga hari ke-30. “Ini sangat menarik karena minyak kelapa mengandung rantai medium asam lemak, yang 45-50 persennya ialah asam laurat. Asam laurat sudah terbukti memiliki efek anti-inflamasi dan antimikroba. Minyak kelapa pun boleh diminum,” jelas peneliti dari Kennur Dental College India, seperti dikutip dari Daily Mail.

 



Dr. James Goolnik, dokter gigi sekaligus pemilik Bow Lane Dental di Inggris, pun menyetujui hal tersebut. Ia menyebutkan terapi oil pulling cenderung mengurangi bakteri yang berada di dalam mulut. Kendati demikian, ia menyarankan agar setiap orang tetap melakukan pemeriksaan gigi dan menjaga kesehatan gigi secara rutin.

 

Banyak selebriti, seperti Amy Williams, Tinie Tempah, Lucy Watson, dan Jamie Laing, melakukan terapi oil pulling untuk menjaga kesehatan mereka. Apakah Anda juga tertarik melakukan terapi ini di rumah? (Sagar/DT/Dok. Daily Mail UK)



Tags: minyak_kelapa,   kesehatan_mulut