Mother&Baby Indonesia
Ajak Si Kecil Mengenal Hewan Peliharaan

Ajak Si Kecil Mengenal Hewan Peliharaan

Menurut studi terbaru, anak-anak lebih menyukai hewan bahkan bayi berusia 11 bulan pun secara naluri lebih menyukai hewan. Hal ini diketahui usai peneliti dari University of Virginia dan Rutgers University melakukan tiga eksperiman berbeda terhadap anak-anak. Anak-anak diberikan pilihan untuk memilih binatang atau mainan menarik. Hasilnya, dalam semua eksperimen, anak-anak menghabiskan waktu lebih banyak bermain dengan hewan daripada mainan.

 

Menurut peneliti seperti dilansir dari Everyday Health, hewan lebih memicu keingintahuan dan ketertarikan anak-anak daripada mainan. Hal ini ditunjukkan dengan waktu yang lebih banyak dihabiskan saat anak bersama dengan semua hewan yang diujikan. Bahkan saat bersama hewan, peneliti mencatat anak-anak berbicara kepada hewan, menunjuk, bertanya tentang hal-hal yang ada pada hewan tersebut. Ini menandakan anak-anak bisa belajar banyak dari hewan.



 

Namun, kapan tepatnya Si Kecil dapat diperkenalkan secara intim pada hewan peliharaan? Berikut ini tahapan-tahapannya:
Usia 2-3 Tahun
Pada usia ini, Si Kecil sedang aktif belajar berjalan serta ingin banyak bergerak. Rasa ingin tahu dan gemas terhadap benda asing termasuk hewan peliharaan sangat menggebu. Oleh karena itu,  jangan sampai Si Kecil memegang tempat makan hewan peliharaan kesayangan. Bahkan jika hewan yang Anda pelihara adalah ikan dalam akuarium, ada baiknya jauhkan dari jangkauan tangannya. Yang bisa Anda lakukan sebagai langkah permulaan adalah mengenalkannya dengan cara mendongengkan mereka cerita fabel. Selain memberikan stimulasi, mereka dapat mengenal hewan-hewan tersebut dari gambar yang dilihatnya.
Usia 3-5 Tahun
Saat melewati usia 3 tahun, anak-anak mulai belajar berkomunikasi dan mulai memiliki sikap empati. Jadi ketika Anda memiliki hewan peliharaan saat usia anak sudah menginjak 3 sampai 5 tahun, Anda bisa mengajari Si Kecil untuk memelihara binatang dan memberi makan hewan peliharaan. Si Kecil tentunya akan menyenangi kegiatan yang satu ini, jadi jangan sungkan melibatkan Si Kecil dalam kegiatan ini. Mulailah dengan mengenalkan hewan peliharaan seperti kucing, anak anjing,  kelinci, hamster dan sejenisnya.
Usia Di atas 5 Tahun
Memasuki usia di atas 5 tahun, Si Kecil akan mulai menyukai memelihara berbagai binatang hewan peliharaan seperti marmut, ikan kecil, hingga kelinci dalam waktu yang bersamaan. Tak hanya memelihara, di usia ini Si Kecil akan mulai tertarik membersihkan kandang, mengaliri air, dan memberi makan hewan peliharaan. Hanya saja pastikan jika Anda selalu mengawasinya dan mencuci tangan anak agar tetap higienis. Dan yang terpenting, berikan pemahaman pada Anak bahwa memiliki hewan peliharaan memerlukan tanggung jawab yang besar.



 

(Asti Wulan/DT/dok.M&B UK)



Tags: hewan_peliharaan,   anak_dan_hewan,   hewan










Cover Mei-Juni-Juli 2020