Mother&Baby Indonesia
Perkembangan Sosial Bayi di Tahun Pertama

Perkembangan Sosial Bayi di Tahun Pertama

Anda adalah teman bermain pertama dan favorit bagi bayi Anda. Ia akan senang mendengar suara, menatap wajah, dan menyentuh tangan Anda. Kenyamanan dan keamanan yang Si kecil rasakan akan memberinya kepercayaan diri untuk membangun hubungan dan berinteraksi dengan orang lain. Lalu bagaimanakah tahap perkembangan Si Kecil di tahun pertamanya? Cari tahu di bawah sini!

 

0-3 Bulan
Beberapa setelah Si Kecil lahir ke dunia, ia akan melakukan kontak dengan Anda dengan cara mendekut atau memainkan ekspresi wajahnya. Di usia 2 bulan barulah ia akan mulai tersenyum serta menirukan mimik wajah Anda.



 

3-6 Bulan
Si Kecil akan mengenali dan merespons jika Anda memanggil namanya. Ia pun mulai menunjukkan ketertarikan untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Tidak hanya itu, ia juga mulai berlajar bahwa ia adalah makhluk kecil yang bersifat individual.

 

6-9 Bulan
Jika Anda memerhatikan, Si Kecil hanya akan berinteraksi dengan orang-orang yang sudah dikenalnya saja. Ini merupakan pertanda bahwa ia mulai takut menghadapi perpisahan. Ia akan menunjukkan rasa tidak senang dengan cara menangis bila orangtua atau orang-orang yang dikenalnya jauh atau meninggalkannya. Di tahap ini Si Kecil mulai menyukai permainan cilukba serta tertarik menatap bayi lainnya.



 

10-12 Bulan
Si Kecil mulai senang berdekatan dengan bayi-bayi lainnya meski ia masih belum mau sepenuhnya bermain bersama mereka. Ia senang memerhatikan mereka dan menirukan apa yang mereka lakukan. Kendati demikian, ketakutannya akan perpisahan semakin meningkat sehingga ia menjadi lebih waspada saat bertemu dengan 'orang asing'. (DC/Sagar/Dok. M&B)

 

Untuk mengetahui milestones perkembangan sosial Si Kecil lebih lengkap dapat dilihat di majalah Mother&Baby Indonesia edisi Juli 2015 ya, Moms! Grab it fast!



Tags: bayi,   anak,   milestones,   perkembangan_sosial










Cover Mei-Juni-Juli 2020