Mother&Baby Indonesia
Mengatasi Kulit Kering Si Kecil

Mengatasi Kulit Kering Si Kecil

Jika orang dewasa bisa mengalami masalah kulit kering, apalagi bayi dan balita. Kulit bayi dan balita lebih mudah menjadi kering karena kulit mereka masih sensitif, cenderung lebih halus dibanding orang dewasa, dan kelenjar minyak mereka belum berfungsi dengan sempurna. Akibatnya udara dingin, AC, sinar matahari, bahkan air yang berkaporit pun bisa dengan mudah membuat kulit Si Kecil menjadi kering.

 

Kendati demikian, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini, antara lain dengan melakukan hal berikut.



1. Membatasi waktu mandi Si Kecil paling lama 10 menit saja. Mandi terlalu lama bisa membuat kulit Si Kecil kering. Demikian menurut Seth Orlow, ketua bidang ilmu kulit anak dari New York University School of Medicine. “Gunakan air hangat dan sabuni Si Kecil secukupnya dengan sabun tanpa pewangi. Jika ia ingin bermain air, lakukan itu sebelum Anda menyabuninya agar air mandi tak tercampur dengan sabun,” kata Seth Orlow.



2. Setelah Anda mengajak Si Kecil berenang langsung basuh tubuhnya dengan air, keringkan dengan handuk lalu oleskan losion selagi kulitnya masih lembap.

3. Pastikan Si Kecil menggunakan jaket dan sarung tangan ketika udara sangat dingin dan oleskan tabir surya di permukaan kulitnya yang tak tertutup pakaian ketika cuaca tengah panas. (LD/Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: bayi,   balita,   anak,   kulit_kering,   kulit