Mother&Baby Indonesia
Trik Agar Si Kecil Tidur Nyenyak di Malam Hari (1)

Trik Agar Si Kecil Tidur Nyenyak di Malam Hari (1)

Hampir seluruh hari seorang bayi dihabiskan dengan terlelap. Namun, kadangkala ia sering gelisah dan rewel saat di malam hari, sehingga tidurnya pun menjadi kurang berkualitas. Dilansir melalui M&B Australia, ada beberapa trik jitu agar Si Kecil dapat tidur dengan nyenyak sepanjang malam!

 

Batasi Ritual Sebelum Tidur
Walaupun rasanya setiap orangtua berpikir Si Kecil akan lebih cepat terlelap jika sambil digendong dan diayun-ayun dalam buaian, ternyata ini bukan cara terbaik. Jo Tantum, penulis Baby Secrets sekaligus ahli babycare, menyebutkan, “Awalnya tidak masalah melakukan ritual-ritual itu. Namun, lambat laun ketika bayi Anda ingin tidur, ia akan berharap Anda menggendongnya terus-menerus. Mungkin di minggu-minggu pertama bobot Si Kecil cukup ringan, tapi berat badannya akan semakin bertambah dan Anda menjadi kewalahan menggendongnya setiap malam.”



 

Ciptakan Penanda

Jo juga menyarankan Anda untuk membuat ‘tanda waktunya tidur’ untuk Si Kecil. “Anda bisa menyanyikannya lagu yang sama setiap ia akan tidur atau memandikannya, memakaikan piama, serta menyelimuti tubuhnya, karena bayi senang dengan pengulangan. Dengan melakukan suatu hal yang menjadi penanda waktunya tidur setiap hari, Si Kecil akan mengenali dan mengerti.



 

Berikan Wewangian
Sarah Ockwell-Smith, ahli parenting dan penulis Baby Calm, memaparkan bahwa bayi mengasosiasikan bau yang berbeda dengan hal-hal tertentu. Ia menuturkan, “Anda bisa meneteskan sedikit minyak chamomile atau lavender ke selimut Si Kecil agar ia tidur lebih nyenyak. Kedua wewangian ini sudah terbukti mampu menstimulasi dan meningkatkan kualitas istirahat.”

 

Berikan Karbohidrat Saat Makan Sore
Menurut Jo Tantum, bayi yang diberikan makanan kaya serat, seperti buah atau kacang-kacangan, ketika makan sore akan bangun lebih pagi. “Makanan kaya serat biasanya akan memicu pergerakan usus besar pada pukul 5 pagi, yang dapat mengganggu tidurnya,” ujarnya. Jadi, Anda bisa memperbanyak porsi buah dan sayur di pagi serta siang hari, lalu lebih memilih makanan yang mengandung karbohidrat pada sorenya untuk Si Kecil. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: bayi,   tidur