Mother&Baby Indonesia
Saat Bayi Tumbuh Gigi (3): Sesuatu yang Dingin

Saat Bayi Tumbuh Gigi (3): Sesuatu yang Dingin

Menyamankan Si Bayi saat sedang tumbuh gigi memang membutuhkan kesabaran ekstra dan menuntut Anda untuk kreatif. Lakukan beberapa hal di bawah ini untuk mewujudkannya.

 

Sarapan Padat
Jika Si bayi sudah mengonsumsi makanan padat, berikan ia bagel dingin atau waffle untuk sarapannya. Kedua makanan itu cukup lembut untuk dikunyah, tetapi juga memiliki tekstur agak kasar. Bayi Anda pun tetap bisa ‘merasakan’ dan menikmati sarapannya, saat ia menggosokkan makanan tersebut ke seluruh gusinya.



 

Nikmati Udara Segar
Udara segar dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang Si Bayi rasakan saat tumbuh gigi. Ajaklah ia jalan-jalan ke luar rumah untuk menikmati harumnya bunga, bertemu dengan hewan-hewan kecil, atau sekedar membaca buku cerita di bawah pohon rindang. Kegiatan ini juga baik untuk mengalihkan perhatian bayi dari rasa nyeri yang dirasakan.

 



Berikan Yoghurt
“Ketika bayi saya tumbuh gigi, saya mencoba menyamankannya dengan memberikan bubur dan meletakkan sedikit yoghurt dingin di atasnya setiap kali menyuapinya dengan sendok. Ia terlihat sangat menikmati sensasi dingin dari yoghurt dan makannya pun jadi lahap,” ujar Charlotte, 34, ibu dari Peter, 10 bulan.

 

Sendok Logam
Dinginkan sejenak sendok logam di dalam freezer, lalu berikan kepada bayi Anda ketika ia rewel karena merasa tidak nyaman dengan gusinya. Saat bayi mengunyah atau mengisap sendok dingin tersebut, rasa nyerinya akan mereda dan ia pun menjadi lebih tenang. (Dina Christin/DC/Dok. M&B)
 



Tags: gigi,   bayi,   gusi,   tumbuh_gigi










Cover April 2020