Mother&Baby Indonesia
Saat Bayi Tumbuh Gigi (2): Gunakan Benda yang Aman

Saat Bayi Tumbuh Gigi (2): Gunakan Benda yang Aman

Ketika giginya mulai tumbuh, bayi akan berusaha mengunyah apapun untuk menyamankan gusinya, termasuk tangannya sendiri. Jiika semua benda di sekitarnya dalam keadaan bersih, tidak masalah. Namun, bagaimana kalau sebaliknya? Karenanya, bantu Si Bayi menyamankan gusinya dengan cara yang lebih aman dan sederhana, seperti berikut ini.

 

Aksesori yang Aman
Aksesori yang Anda pakai, khususnya kalung, selalu menarik bagi bayi yang sedang tumbuh gigi dan ia pun akan mengunyahnya layaknya teether. Kabar baiknya, kini sudah banyak aksesori yang dibuat khusus dan dapat berfungsi sebagai teether. Aksesori itu terbuat dari silikon non-toxic, sehingga bebas dari berbagai bahan kimia dan BPA free.



 

Teh Chamomile
Memberikan teh bunga chamomile pada Si Bayi akan membantu menghilangkan stres dan perasaan tidak bahagia saat ia sedang tumbuh gigi. Rendam teh chamomile dalam air panas selama beberapa saat, dinginkan dengan suhu ruangan, dan berikan sebanyak 1 sampai 2 ons kepada bayi Anda.

 



Kenalkan dengan Sikat Gigi
Meskipun gigi Si Bayi belum muncul, alangkah baiknya jika Anda sudah mengenalkannya dengan sikat gigi khusus berbulu lembut. Berikan sikat gigi tersebut kepadanya dan biarkan ia menggigitinya. Jadi ketika nanti giginya muncul, Anda tidak perlu lagi berjuang keras untuk membersihkannya, karena ia sudah lebih dulu mengenal sikat gigi.

 

Tawarkan Pengganti
Pengalaman tumbuh gigi pada setiap bayi berbeda-beda, ada yang merasa nyaman jika disusui, namun ada pula yang tidak. Pada sebagian bayi, menyusu bisa menjadi saat yang menyakitkan, karena gusi mereka begitu sensitif dan mudah sekali berdarah atau bengkak. Memberikan ASIP melalui cup feeder dapat menjadi pilihan, karena ia tetap bisa mengisap dan mengunyah dengan bebas. (Dina Christin/DC/Dok. M&B)

 



Tags: gigi,   bayi,   gusi,   tumbuh_gigi








Cover Maret 2020