Mother&Baby Indonesia
Saat Bayi Tumbuh Gigi (1): Nyamankan Gusinya

Saat Bayi Tumbuh Gigi (1): Nyamankan Gusinya

Tumbuh gigi mungkin akan menjadi saat yang paling tidak nyaman bagi Si Bayi. Ia pun akan ‘mengunyah’ semua benda di dekatnya untuk menyamankan gusinya. Lakukan trik ini untuk mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakannya.

 

Gunakan Jari Anda
Cuci tangan Anda hingga bersih, lalu gunakan salah satu jari untuk menggosok gusi Si Bayi dengan lembut. Setelah gusinya terasa rileks, pijat perlahan selama 2 menit untuk memberikan rasa nyaman pada seluruh bagian mulutnya.



 

Ekstrak Vanila
“Saat Anda mengoleskan ekstrak vanila pada gusi Si Bayi dan memijatnya perlahan, ada 2 keuntungan yang bisa didapatkan. Pertama, pijatan akan meringankan rasa nyeri pada gusinya. Kedua, aroma vanila akan memberikan kenyamanan dan membuat bayi lebih tenang,” ungkap Alexander Barani, ahli gigi. Tetapi sebelum memberikan ekstrak vanila, pastikan komposisinya bebas dari alkohol.

 



Kain Flanel Dingin
Ambil sehelai kain flanel, rendam dalam air dingin bersih, tiriskan, dan biarkan Si Bayi mengunyahnya. “Tekstur dari kain flanel akan bisa memberikan rasa nyaman pada gusi bayi,” jelas Penny Lazell, petugas kesehatan. Jangan lupa kenakan bib pada leher bayi Anda untuk menampung sisa air yang mungkin menetes dari kain tersebut.

 

Jangan Menyerah
Saat menghadapi bayi yang sedang tumbuh gigi, Anda harus bersikap gigih dan tidak mudah menyerah. “Selain kesabaran ekstra, kondisi ini juga menuntut Anda untuk menjadi lebih kreatif dalam menghadapi kerewelan Si Bayi. Anda mungkin akan mengalami beberapa kali kegagalan saat mencoba menyamankan gusinya, namun jangan menyerah. Tetaplah mencoba berbagai cara hingga Anda berhasil,” tutur Alexander. (Dina Christin/DC/Dok. M&B)



Tags: gigi,   bayi,   gusi,   tumbuh_gigi