Mother&Baby Indonesia
Penemuan Bahan Kimia Berbahaya Pada Teether Si Kecil

Penemuan Bahan Kimia Berbahaya Pada Teether Si Kecil

Apakah Si Kecil sudah mulai tumbuh gigi? Bila iya, jangan asal membeli teether untuk Si Kecil ya, Moms. Sebab studi terbaru dari Jerman menyebutkan beberapa teether mengandung bahan kimia yang dapat memengaruhi produksi hormon tumbuh-kembang bayi!

 



Dilansir dari Babycenter, dari tes laboratorium terhadap 10 teethers plastik, 2 di antaranya mengandung Endocrine disrupting chemicals (EDCS), yang diduga mengubah fungsi reproduksi pada pria dan wanita, meningkatkan risiko kanker payudara, pola pertumbuhan menjadi abnormal, menghambat perkembangan saraf serta fungsi imun.



 

Martin Wagner, peneliti yang terlibat dalam studi sekaligus toxicology researcher di Goethe University, Frankfurt, Jerman, beserta kolega-koleganya tidak mengidentifikasikan perusahaan teether apa yang mengandung bahan kimia tersebut, namun salah satunya diungkap mengandung parabens, yaitu bahan kimia yang umumnya digunakan sebagai pengawet di produk kosmetik. Di negara Uni Eropa sendiri penggunaan parabens sudah dilarang, namun U.S Food and Drug Administration belum memberikan peringatan resmi mengenai pembatasan penggunaan parabens.

 

Pada penelitian sebelumnya dari NIH, EDCS diungkapkan dapat membahayakan perkembangan bayi di dalam kandungan pada bulan-bulan pertama ketika organ dan sistem saraf sedang dibentuk. Kendati demikian, Martin menyebutkan masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut lagi mengenai seberapa banyak kadar parabens dapat membahayakan Si Kecil. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: bayi,   teether,   tumbuh_gigi,   hormon