Mother&Baby Indonesia
Lagu Pengantar Tidur Untuk Bayi

Lagu Pengantar Tidur Untuk Bayi

Tidak ada yang tahu kapan lagu pengantar tidur alias lullaby tercipta. Tetapi, sejumlah penelitian sejarah menemukan bukti bahwa sejak zaman purbakala, nada-nada lembut pengantar tidur itu sudah dinyanyikan untuk bayi. Sampai saat ini, lullaby masih dinyanyikan para ibu. Dan, uniknya, setiap negara memiliki lagu khas sendiri. Mau tahu seperti apa? Yuk, cari tahu di bawah sini!

 

Indonesia
Lagu paling terkenal untuk mengantarkan anak tidur di Indonesia adalah Nina Bobo. Namun, setiap suku di Indonesia juga memiliki lagu pengantar tidur sendiri. Misalnya, di Jawa anak-anak dinyanyikan tembang Lelo, Ledung dan di Sunda ada tembang Ayun Ambing. Nada pentatonik tembang-tembang itu sangat menenangkan bagi Si Kecil.



 

China
Nada lagu pengantar tidur dikenal di seluruh penjuru China. Tapi, masing-masing daerah memiliki lirik yang berbeda, sesuai bahasa daerah mereka masing-masing. Contohnya, syair lagu di daerah Dalian, Liaoning, berisi kisah seorang ibu yang mengajak anaknya untuk tidur karena bulan dan bintang sudah bermunculan di langit.  

 

Cekoslovakia
Cekoslovakia memiliki beberapa lagu pengantar tidur. Namun yang paling terkenal adalah lagu berjudul Spi, Janicku, Spi (Sleep, Johni, Sleep). Anak kecil di dalam lagu ini bernama Janicek, nama yang sangat popular di Cekoslovakia. Dalam lagu, Janicek akan mendapatkan apel berwarna biru jika ia segera tidur. Lullaby lain adalah Ukolebavka, yang diciptakan oleh Johann Amos Comenius. Comensius menekankan pentingnya kedekatan ibu dan anak sejak dini.

 



Italia
Ibu-ibu Italia pasti tahu lagu Fate la nanna, coscine di pollo (Go to bed-byes, Little Chicken Legs). Lagu ini berasal dari Tuskani dan menyebutkan bayi sebagai kaki ayam kecil. Ini menjadi bukti bahwa masyarakat di daerah tersebut penuh humor. Lirik lagu ini sangat sederhana berkisah tentang seorang anak yang jika tidur, akan dihadiahi rok bersulam oleh ibunya. Lullaby Italia lain yang sangat terkenal adalah Stella Stellina. Tidak ada yang tahu siapa pencipta lagu ini, namun saking populernya, para ahli menduga, umur lagu ini sudah ratusan tahun.

 

Turki
Jika biasanya lullaby berisi harapan ibu agar anaknya segera tidur, lullaby tradisional Turki, Uyusun da buyusun (As She Sleeps, Let My Baby Grow), berisi harapan yang lain. Lagu ini mengungkapkan harapan ibu agar anaknya sehat dan makmur. Dalam lagu, Sang Ibu berdoa agar anaknya mendapat makanan dan minuman yang cukup, mainan, pakaian bagus, enteng jodoh, serta cemerlang kariernya di masa depan.

 

Inggris
Bisa jadi, lagu Twinkle, Twinkle Little Stars adalah lagu pengantar tidur paling populer di dunia. Lagu itu adalah hasil perpaduan puisi Inggris karangan Jane Taylor yang berjudul The Star dengan melodi Perancis, Ah! Vous dirai-je, Maman. Lagu ini pertama kali dirilis pada 1806. Ada 5 variasi lirik dalam bahasa Inggris dan komponis besar Mozart menulis 12 variasi irama. Lagu Inggris lain yang juga sangat terkenal adalah Hush Little Baby. Lagu ini tidak diketahui pengarangnya. Ada dugaan bahwa lagu ini diciptakan oleh orang Amerika sebab ada kata-kata mockingbird di liriknya. Mockingbird merupakan sejenis burung yang hanya ada di Benua Amerika. (SR/Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: bayi,   tidur,   lagu_pengantar_tidur,   lullaby