Home - Bayi - Berita Tentang Bayi / 4 Juni 2015 / Redaksi

Tips Mencegah Infeksi Telinga pada Bayi

Infeksi telinga atau otitis media cukup rentan dialami Si Kecil. Pengobatannya tergantung pada tingkat keparahan infeksi dan usia bayi. Biasanya dokter akan meresepkan obat antibiotik, namun ada juga yang mengatakan jika bayi mengalami kondisi ini, sebaiknya tidak diberikan obat. Jika Si Kecil telah sembuh dari penyakit ini, tidak menutup kemungkinan suatu hari ia akan mengalaminya lagi. Sebagai orangtua, Anda perlu melakukan tindakan pencegahan. Berikut tipsnya.

 



  • Menyusui setidaknya sampai 6 bulan pertama. ASI menyediakan antibodi untuk mencegah infeksi pada telinga
  • Ketika menyusui, biarkan kepalanya berada lebih tinggi daripada badan. Bayi dengan posisi berbaring saat menyusu lebih mudah terkena otitis media.
  • Bayi yang menggunakan dot atau empeng setelah 6 bulan, lebih mudah mengalami infeksi telinga. Oleh karena itu, pertimbangkan memberikannya dot jika buah hati Anda rentan mengalami penyakit ini.
  • Jauhkan bayi dari asap rokok dan buatlah rumah menjadi nyaman dengan bebas asap rokok.
  • Perhatikan kebersihan tangan Anda terutama saat menyentuh Si Kecil. Hindari bayi juga terpapar dengan orang yang mengalami infeksi pernapasan, karena akan memengaruhi daya tahan tubuhnya.
  • Pastikan Si Kecil menerima vaksin. Vaksin pneumokokus terbukti mengurangi anak-anak mengalami infeksi telinga. (Meiskhe/OCH/dok.M&B UK)



 

 


RELATED ARTICLE

Mata Merah pada Newborn

Momen Pertama Kali Melihat Si Kecil

Mitos Seputar Kesehatan Bayi (2)

OTHER ARTICLES

Benarkah Obstetric Cholestasis Jadi Penyebab Prematur?

Waspada Hepatitis A pada Anak! Ketahui 10 Fakta Ini

Cara Tepat Mencapai Tujuan Keuangan Keluarga Anda

Ini Tanda-Tanda Bayi Kelelahan dan Cara Mengatasinya

Tips Berpuasa untuk Anda yang Menderita Asam Lambung