Mother&Baby Indonesia
Istirahat Cukup Pasca-Persalinan

Istirahat Cukup Pasca-Persalinan

Malam pertama di rumah sakit bisa menjadi sangat sulit. Rasa lelah yang masih terasa setelah persalinan, serta luapan kebahagiaan dan emosi yang bercampur aduk, biasanya akan membuat Anda jadi sulit tidur dan kurang beristirahat.

 



Saat yang paling menegangkan, yaitu persalinan, telah berakhir. Saat ini, Anda merasakan kebahagiaan mendekap Si Newborn dalam pelukan Anda. Lalu, apa selanjutnya? Malam pertama di rumah sakit bisa menjadi sangat sulit. Selain rasa lelah yang masih terasa, Anda juga harus berhadapan dengan pengalaman menyusui (yang biasanya tidak mudah), merasakan beberapa keluhan fisik, dan beradaptasi dengan status baru Anda sebagai ibu.



 

Biasanya di malam pertama pasca-persalinan, Anda lebih memilih untuk tidur dan meninggalkan Si Kecil di ruang bayi bersama dengan para suster. Lalu, keesokan paginya, Anda menyesal dan menyalahkan diri sendiri betapa Anda telah menjadi ibu yang tidak baik. Sebenarnya, tak perlu merasa bersalah ketika Anda lebih memilih untuk beristirahat dan memprioritaskan tidur, karena tubuh Anda memang butuh beristirahat dari proses persalinan yang pasti melelahkan. Akan sulit untuk beradaptasi dengan status Anda sebagai ibu baru yang harus mengurus newborn jika masih dalam keadaan lelah.

 

Tips:

  • Untuk membantu Anda menangani Si Newborn, mintalah bantuan perawat atau keluarga Anda.
  • Beberapa ibu bahkan menganjurkan untuk memilih kamar private di rumah sakit agar lebih leluasa mendapat kunjungan dari teman dan keluarga. Namun, jika Anda berbagi kamar dengan ibu lain, pilihlah tempat tidur yang tidak dekat dengan kamar mandi agar tidak terganggu dengan pasien lain yang mondar-mandir ke kamar mandi.
  • Bawalah perlengkapan pribadi, seperti mp3 player untuk membantu Anda mendapatkan istirahat yang baik.
  • Untuk membantu mengisi ulang tenaga dan stamina Anda, jangan lupa untuk membawa makanan kesukaan. Makan cokelat atau camilan favorit lain akan sangat membantu Anda merasa lebih baik sehingga secara psikologis akan menyulut semangat Anda.
  • Ada beberapa kasus yang memungkinkan bagi Anda dan Si Kecil untuk pulang ke rumah beberapa jam setelah persalinan. Hal ini biasanya terjadi jika dokter atau bidan merasa yakin dengan kondisi Anda dan SI Kecil yang sehat dan tak membutuhkan observasi atau perawatan lebih lanjut. Jika keadaan ini Anda alami, akan sangat bijaksana jika Anda meminta bantuan dari keluarga atau teman dekat untuk mengurus Si Kecil terlebih dahulu selama Anda beristirahat. (OCH/ Dok. M&B UK)



Tags: persalinan,   lelah,   rumah_sakit,   melahirkan,   ibu_baru