Mother&Baby Indonesia
Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Balita

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Balita

Dijawab oleh: Dr. Bobby Dharmawan, Sp.A

 

T: Sejak bersekolah, balita saya seringkali terkena flu. Saya perhatikan, itu karena tertular teman-temannya. Bagaimana meningkatkan daya tahan tubuhnya? Apakah ada makanan khusus untuk itu?



 

J: Sampai sekarang belum ada obat yang terbukti secara sahih atau evidence based medicine (EBM) dapat menambah menambah daya tahan tubuh pada anak. Padahal, daya tahan tubuh yang baik adalah kunci pertahanan tubuh anak terhadap serangan penyakit. Anda bisa mencegah penyakit dengan cara memelihara kesehatan atau yang lebih dikenal dengan upaya preventif dan promotif. Pada upaya preventif, daya tahan akan baik jika ditunjang dengan asupan makanan dengan porsi cukup dan bervariasi untuk mendapat gizi optimal baik karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral.

 



Anda tidak perlu risau mencari suplemen vitamin apa yang terbaik karena vitamin yang terbaik adalah yang bersumber dari makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Olahraga yang cukup disertai istirahat yang memadai dan kecukupan tidur Si Kecil juga sangat perlu diperhatikan. Sedangkan upaya promotif, Anda harus mengupayakan agar Si Kecil lengkap jadwal imunisasinya agar terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya.

 

Tidak ada makanan yang khusus yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. Namun demikian, pada saat ini banyak penelitian yang menyebutkan manfaat pemberian probiotik (kuman baik) pada makanan atau minuman yang dapat menambah daya tahan tubuh anak. Probiotik memiliki manfaat memodulasi daya tahan tubuh dengan melindungi usus sehingga tidak memberikan kesempatan bakteri jahat untuk menimbulkan penyakit. (M&B)



Tags: balita,   anak,   sakit,   daya_tahan_tubuh,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020