Mother&Baby Indonesia
6 Keuntungan Memiliki Rutinitas dengan Anak-anak

6 Keuntungan Memiliki Rutinitas dengan Anak-anak

Tidak hanya berguna bagi Si Kecil, rutinitas juga bisa banyak manfaat bagi orangtua. Apa saja manfaatnya?

 

1. Mengurangi emosi negatif pada orangtua. Aktivitas seperti menyikat gigi, istirahat siang, mematikan TV untuk makan malam bersama adalah yang biasa kita lakukan. Jika anak sudah terbiasa dengan rutinitas ini, Anda bisa berhenti menjadi orang yang 'paling menyebalkan' di rumah karena mereka sudah terbiasa melakukannya tanpa perlu disuruh.

2. Anak-anak akan menguasai sendiri aktivitasnya. Seiring waktu, mereka belajar menyikat gigi, menyiapkan ransel, dan lainnya tanpa perlu diingatkan. Anak suka merasa bisa mengurus diri sendiri. Perasaan ini meningkatkan penguasaan dan pengenalan pada diri anak.
3. Anak belajar konsep menunggu untuk hal yang mereka senangi, yang merupakan hal penting. Anak Anda mungkin senang bermain di taman. Tapi ia akan belajar bahwa ia akan bermain di taman pada sore hari saat matahari sudah tidak terlalu terik, dan ia akan menunggu hingga saatnya.

4. Rutinitas harian membantu anak terbiasa dengan jadwal, sehingga mereka lebih mudah mengantuk di malam hari dan tidur sesuai jam tidurnya.

5. Membantu orangtua memiliki momen-momen berharga dengan anak. Orangtua perlu memiliki koneksi dengan anak setiap hari. Cobalah memeluk tiap anak setiap pagi atau menyebutkan anggota tubuhnya setelah mandi, misalnya "Ayo keringkan jempol, betis, lutut, paha, perut.” Ritual seperti ini bisa mendekatkan Anda dengan anak. Dan jika hal ini dibuat menjadi suatu kebiasaan di keluarga Anda, bisa membuat anak merasa aman dan melatihnya bekerja sama.

6. Aturan akan membantu orangtua memiliki harapan yang sesuai dalam keluarga. Jika segala sesuatu harus dilakukan dengan bertengkar terlebih dahulu, pasti tidak menyenangkan. Peraturan memang seharusnya tidak menekan. Tapi dengan adanya aturan yang disepakati bersama, sebuah keluarga menjadi memiliki kebiasaan yang sehat dan semua berjalan lancar.

 

(Midya Desiani/dok.M&B UK)



Tags: anak,   rutinitas,   rutin,   kebiasaan










Cover April 2020