Mother&Baby Indonesia
Siapkan Diri Menjadi Teladan untuk Anak

Siapkan Diri Menjadi Teladan untuk Anak

Anak-anak pada dasarnya senang meniru. Menurut Dr. Seto Mulyadi, psikolog anak, salah satu proses pembentukan karakter anak diperoleh dengan cara meniru. Sebagai contoh mereka gemar membaca karena tinggal di lingkungan dengan orang-orang yang juga senang membaca. Mereka cenderung meniru kebiasaan-kebiasaan ibu, ayah, kakak atau orang-orang terdekat. Dengan demikian, orangtua atau orang-orang terdekat juga dituntut untuk memberikan teladan mengenai hal-hal baik termasuk sikap dan mempelajari hal-hal baru.

 

Oleh karena itu, Anda perlu serius untuk melatih dan mengembangkan kemampuan agar bisa menular kepada anak-anak. Berikut caranya.

 

Sikap. Anda harus memiliki sikap rendah hati, ramah, sopan santun dan menjunjung tinggi disiplin. Dengan demikian, anak-anak Anda juga akan melihat perilaku Anda dan menjadi anak yang baik di kemudian hari.
Bicara. Miliki kemampuan bicara yang jelas, tegas, dan menarik. Kemampuan ini sangat penting untuk membina komunikasi yang efektif dengan anak.
Menyanyi. Anda dapat membuat interaksi semakin menyenangkan dengan menyanyikan berbagai lagu dengan nada dan irama yang tepat. Jika perlu, Anda mengajar sendiri menyanyi untuk anak Anda.
Bergerak. Sebagai orang dewasa, untuk menarik perhatian anak Anda perlu memiliki kemampuan gerak yang lincah dan gesit termasuk menari di hadapan mereka. Oleh karena itu Anda perlu berolahraga untuk mendapatkan gerak lincah tersebut.
Kreatif. Kunci keberhasilan menghadapi anak adalah kreatif. Pada dasarnya anak-anak itu kreatif, oleh karena itu sebagai orangtua Anda perlu mengimbanginya dengan meningkatkan kreativitas. Gagasan-gagasan kreatif tersebut bisa Anda pikirkan sendiri saat berinteraksi dengan mereka.

 

(Meiskhe/DT/dok.FreeDigitalPhotos)



Tags: orangtua,   contoh_bagi_anak










Cover April 2020