Mother&Baby Indonesia
Ibu Menyusui Hingga Usia Anak 5 Tahun

Ibu Menyusui Hingga Usia Anak 5 Tahun

Menyusui Si Kecil hingga berusia 2 tahun memang memberi manfaat bagi masa depannya. Namun, bagaimana jika menyusui masih dilakukan hingga Si Kecil berusia lebih dari 2 tahun? Seorang ibu asal kota Poole di Inggris masih menyusui putrinya hingga 5 tahun. Bahkan, ia sempat mengungkapkan keinginannya untuk menyusui hingga usia anaknya mencapai 10 tahun. Menurutnya, menyusui dalam rentang waktu yang lebih lama bisa membuat gadis kecilnya tumbuh lebih cerdas dari anak lainnya.

 

Miira Dawson, ibu berusia 36 tahun itu percaya bahwa menyusui merupakan kunci kesehatan bagi keluarganya, dan juga bisa membantu perkembangan IQ bagi putrinya, Tara, 5. Miira yang juga memiliki seorang putra berusia 2 tahun bernama Ray Lee, mengaku rutin menyusui kedua anaknya sebanyak 3 kali sehari. Selain itu, Miira juga tidur bersama anak-anaknya.

 

“Menurut saya, menyusui dalam waktu lama membawa manfaat yang sangat berarti bagi anak-anak kelak. Hal itu adalah tanda cinta untuk si bayi agar tumbuh sehat, ditambah lagi manfaat dari kesehatan dan perkembangan IQ yang ditawarkan,” jelas Miira seperti dilansir dari Daily Mail.

 

Keputusan ibu 2 anak ini untuk menyusui anaknya hingga lebih dari 2 tahun tentu mengundang kontroversi bagi banyak pihak, mengingat kualitas ASI akan menurun setelah usia anak menginjak 2 tahun. Namun, Miira tidak peduli dengan hal itu. Ia tetap percaya semakin lama menyusui, manfaat yang dirasakan Si Kecil akan semakin besar.

 

Sang suami, Jim, mengaku mendukung keputusan istrinya karena terkesan dengan kecerdasan yang dimiliki putrinya, Tara. “'Tara adalah gadis kecil yang sangat cerdas dan dewasa untuk usianya. Mungkin ini terkait dengan keputusan istri saya menyusui lebih lama. Karena itu, saya terus mengizinkannya,” ungkap pria 56 tahun itu.

 

Meskipun demikian, Miira juga menyadari bahwa suatu hari ia harus benar-benar berhanti menyusui karena beberapa hal, termasuk saat ia tidak lagi bisa memproduksi ASI. “Saya takut Tara kecewa. Saya pernah mengingatkan Tara akan hal itu, dan ia merasa sangat sedih,” ungkap Miira.

 

Menurut lembaga WHO, seorang bayi harus diberikan ASI eksklusif hingga mereka berusia 6 bulan. Setelah itu, penyapihan pun harus dimulai. Banyak ahli yang menyarankan untuk pemberian ASI maksimal selama 2 tahun, diikuti dengan makanan pendamping. Ibu yang menyusui dalam waktu yang lebih lama memang akan mendapatkan manfaat yang lebih besar, selama kualitas ASI-nya masih bagus. Untuk memastikannya, Anda bisa konsultasi dengan dokter ahli. (Aulia/DT/dok.Daily Mail)



Tags: ibu,   menyusui,   asi,   balita,