Mother&Baby Indonesia
Perhatikan Kadar Lemak untuk Cegah Obesitas Anak

Perhatikan Kadar Lemak untuk Cegah Obesitas Anak

Obesitas adalah salah satu kondisi medis yang menjadi pemicu penyakit berbahaya. Kini, obesitas bukan hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi anak-anak juga bisa terjangkit. Salah satu cara untuk menghindarinya yaitu dengan memerhatikan batas kandungan lemak yang dikonsumsi anak Anda setiap harinya.

 

Astri Kurniati, ST, MappSc selaku Science Manager Nutrition & Health Pusat Penelitian Nutrifood menjelaskan, bahwa anak berusia 4-8 tahun memiliki batas mengonsumsi lemak sebesar 40-46 gram per hari, sedangkan untuk umur 9-13 tahun dibatasi pada 53-60 gram lemak per hari.



 

“Anda tentu tidak menyadari, fried chicken saja sudah mengandung 28 gram lemak, dan 14 iris french fries setidaknya mengandung 11 gram lemak. Tentu bahaya jika mereka terus menerus mengonsumsi makanan cepat saji tanpa Anda perhatikan kadar lemak di dalamnya,” tutur Astri.

 



Untuk mengurangi jumlah lemak, Astri juga memberikan beberapa tips, di antaranya yaitu dengan mengganti penggunaan minyak goreng dengan minyak tak jenuh seperti zaitun, mengurangi konsumsi butter dan santan, mengganti mayonnaise, yoghurt, dan susu dengan kandungan lemak yang rendah.

 

“Berkat kasus obesitas yang tengah marak, di Amerika Serikat sendiri kini telah terdapat himbauan yang menjelaskan bahwa, sejak anak berusia 2 tahun penting untuk mengganti konsumsi susu full cream menjadi susu rendah lemak,” ujar Astri.

(Mutiara R/DT/dok.M&B UK)



Tags: anak,   obesitas,   lemak,   anak_obesitas