Mother&Baby Indonesia
Mengasuh Si Kecil Tidak Selalu Sama Dengan Buku Panduan

Mengasuh Si Kecil Tidak Selalu Sama Dengan Buku Panduan

Buku panduan untuk para ibu baru memang banyak beredar. Buku-buku tersebut sangat informatif dan dapat membantu kebingungan Anda sebagai ibu baru. Bidan dan suster anak, Rene Rees dari www.healthybaby.com.au mengatakan buku panduan ada kalanya memang bisa menjadi solusi tepat untuk penanganan bayi baru lahir.

 



Walau demikian bukan berarti setiap buku bisa diterapkan kepada setiap bayi. “Pada dasarnya semua anak berbeda dan punya karakter masing-masing. Berbekal hal ini, saya selalu bilang kepada para ibu baru untuk 'membaca' bayi mereka terlebih dahulu sebelum membaca buku panduan,” tambahnya.

 



Lebih jauh Rene menjelaskan, jika hal-hal rutin yang dianjurkan di buku berhasil Anda terapkan, itu bagus buat Anda. Namun bila ternyata hal itu tak cocok, Anda tak boleh kecewa. “Beberapa buku menyarankan untuk memberi makan Si Kecil 1 jam sekali, namun kadang hal ini tidak selalu bisa dilakukan dan Anda mungkin berpikir ini salah Anda,” lanjut Rene.

 

Masing-masing ASI setiap ibu berbeda dan itu tergantung dari karakter bayi Anda, grafik tumbuh kembangnya, dan berapa banyak energi yang dibutuhkan Si Kecil. Jika bayi Anda membutuhkan ASI setiap 2 jam sekali, Anda harus memenuhinya. Intinya Anda harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan keinginan buah hati Anda.

 

Jadi apa kesimpulannya? Mengurus Si Kecil yang baru lahir akan menjadi hal yang menyenangkan kalau Anda sudah tahu caranya. Sekali lagi, semua itu tergantung dari Anda, Si Kecil, gaya Anda, dan apa pendapat Anda tentang rutinitas. Kebanyakan ibu memang setuju bahwa melakukan hal-hal rutin untuk bayi sesuai arahan dari buku memang dapat membuat bayi dan seluruh keluarga Anda senang dan bisa tidur nyenyak, tetapi Anda tak harus selalu mengandalkan buku untuk memperoleh “kenikmatan” menjadi ibu. (FS/Sagar/DT/Dok. M&B



Tags: bayi,   balita,   anak,   ibu,   pengasuhan,   pola_asuh