Mother&Baby Indonesia
Cara Sederhana Kurangi Stres untuk New Mom

Cara Sederhana Kurangi Stres untuk New Mom

Bukan rahasia lagi, wanita yang memiliki bayi cenderung akan mengalami stres. Terjadi perubahan pola hidup menyebabkan Anda mudah terkena stres. Menurut penelitian dari University of California, bayi dapat menangkap emosi sang ibu. Jadi, jika ibu mengalami stres, bayi juga bisa merasa cemas. Berikut adalah cara efektif untuk mengurangi stres yang perlu Anda coba.

 

Belajar bermeditasi
Gagasan ini didasarkan bahwa tubuh mengikuti pikiran. Jika Anda mengatur pikiran dengan baik, niscaya dapat meningkatkan perasaan tenang. Penelitian di Amerika menunjukkan jika dengan bermeditasi setiap hari, efektif untuk mengurangi kecemasan level ringan.



Lakukan setiap hari
Melakukan segala sesuatu atau sangat sibuk setiap hari dapat membuat Anda lebih mudah panik dan merangsang hormon kortisol pemicu stres. Anda bisa menenangkan diri dengan bermeditasi yang bisa Anda lakukan saat Si Kecil sedang tidur. Ketika ia bangun Anda sudah lebih tenang untuk menjalani rutinitas sehari-hari.

Nikmati waktu sendiri
Setelah bayi Anda tertidur pada malam hari, Anda perlu waktu sejenak untuk menenangkan diri sebelum mengambil waktu istirahat. Cara menikmati waktu tersebut bisa dilakukan dengan duduk di kursi sejenak dan melihat ke sekeliling serta memanfaat semua indra untuk mengidentifikasi hal-hal di dalam ruangan tersebut. Jika Anda sakit kepala, cobalah tutup mata dan fokus pada sensasi dominan yang dirasakan oleh tubuh Anda.

Dan jika Anda stres...
Cobalah mantra So Hum. Ambil napas dalam-dalam sambil memikirkan kata So dan buang napas dengan menyebut kata Hum. Perhatikan bagian dada naik saat Anda menarik napas dan perhatikan udara keluar lewat bibir.



 

Semoga bermanfaat, Moms!

(Meiskhe/DT/dok.M&B UK)



Tags: stres,   ibu_stres,   atasi_stres_ibu_baru








Cover Maret 2020