Mother&Baby Indonesia
Masa Transisi Tiga Hari Pertama Puasa

Masa Transisi Tiga Hari Pertama Puasa

Bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Namun, ini tentunya tidak menjadi penghalang untuk tetap beraktivitas ya, Moms! Dr. Sri Sukmaniah, Msc, SpGk., Spesialis Gizi Klinik FKUI/RSCM, menyebutkan masa transisi yang cukup berat dirasakan adalah di 3 hari pertama puasa. Saat itu kita akan merasakan kantuk dan lemas menghadapi hari.

 



Lalu bagaimana cara mengatasinya? “Kiat untuk menghadapinya ternyata sederhana sekali, yaitu jangan berhenti beraktivitas. Sebab, bila kita membiarkan rasa lemas tersebut, hormon-hormon untuk mengeluarkan cadangan-cadangan energi seperti glukosa tidak dikeluarkan oleh tubuh,” ujarnya.



 

Jadi, dengan tetap beraktivitas seperti biasa, hormon-hormon di dalam tubuh akan terstimulasi mengeluarkan cadangan-cadangan glukosa, sehingga kadar gula kita terjaga dan tubuh pun tetap segar. Dr. Sri menambahkan, “Jangan lupa juga minum air putih yang cukup, karena proses metabolisme tubuh kita akan selalu membutuhkan air. Selain itu, konsumsi makanan sesuai kebutuhan kita sehari-hari. Puasa tidak berarti kita membalas dendam dengan makan terlalu banyak.” (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: puasa,   lemas,   mengantuk,   bulan_ramadhan,   air_putih