Mother&Baby Indonesia
Status Facebook Tentukan Kepribadian Anda

Status Facebook Tentukan Kepribadian Anda

Jutaan orang di dunia selalu meng-update status di media sosial mereka setiap harinya. Namun, tahukah bahwa apa yang Anda tulis di status dapat menunjukkan kepribadian Anda? Ya, berdasarkan laporan dari Healthista, para peneliti menjelaskan status di Facebook dapat menunjukkan apakah Anda narsis atau sedang gelisah, dan seberapa besar Anda menghargai diri sendiri.

 

Studi terbaru dari Brunel University, Inggris, ini menganalisis 555 survei online dari pengguna Facebook. Menurut peneliti, orang-orang berkarakter neuroticism yang cenderung memiliki emosi negatif, seperti mudah marah, cemas, depresi, dan lemah akan memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan orang lain. Mereka akan merasa lebih baik dan tidak dikucilkan ketika mendapatkan banyak like dan komentar dari orang-orang di status Facebook.



 

Sedangkan bagi orang dengan karakter extroverts, mereka menggunakan Facebook sebagai alat untuk meningkatkan sosialisasi dengan orang lain dan membuat status tentang berbagai kegiatan sosial. Mereka juga tidak terlalu memerhatikan like yang didapat saat menulis status.

 

“Cukup mengejutkan bahwa sekarang status Facebook seseorang dapat merefleksikan kepribadian mereka. Meski begitu, cukup penting untuk mengerti apa yang orang-orang tulis di Facebook mereka,” ujar Dr. Tara Marshall dari Brunel University, seperti dikutip melalui Daily Mail. Berikut hubungan status Facebook dengan kepribadian seseorang.

 

Narsisme
Orang-orang dengan kepribadian narsisme umumya akan membicarakan tentang pencapaian-pencapaian yang didapat, diet, dan olahrarga. Mereka merasa diperhatikan dengan seberapa banyak like yang diterima dari orang lain. Semakin banyak like yang mereka terima, semakin semangat pula mereka menuliskan pencapaian diri mereka.

 



Terbuka, Penasaran, dan Kreatif
Orang-orang ini akan cenderung membicarakan topik tentang politik dan sesuatu yang penuh pemikiran. Motif mereka meng-update status bukan untuk interaksi sosial, namun lebih kepada berbagi informasi.

 

Teliti
Orang-orang bertipe teliti atau berhati-hati jarang menulis di akun Facebook-nya. Mereka juga lebih perhatian terhadap bagaimana orang lain menerima apa yang mereka tulis. Bagi yang sudah berkeluarga, mereka lebih sering berbagi tentang anak-anak mereka.

 

Rendah Diri
Orang-orang yang rendah diri gemar menuliskan tentang pasangan mereka. Mereka ingin menunjukkan kalau hubungan percintaan yang sedang dijalani baik-baik saja supaya orang lain tidak melihat rasa rendah diri mereka. Postingan Facebook dari orang-orang ini cenderung kurang disukai oleh orang lain.

 

Bagaimana dengan Anda, Moms? (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: status,   facebook,   kepribadian