Mother&Baby Indonesia
Manfaat Meditasi

Manfaat Meditasi

Salah satu cara agar Anda dapat mengelola stres dengan baik, yaitu dengan bermeditasi. Meditasi juga diketahui bermanfaat bagi banyak aspek kehidupan lainnya, mulai dari penyakit, mengatasi rasa nyeri, mengatur pola tidur, hingga mengontrol emosi. Jenis meditasi yang diklaim memberi banyak manfaat ini adalah meditasi kesadaran. Ini merupakan sebuah meditasi dengan membuka diri, menerima apa yang ada dan terjadi saat ini. Maksudnya, Anda menyadari apa yang sekarang ada tanpa mencoba untuk mengubah apa pun dan dengan cara apa pun.

 

Anda dapat melakukan jenis meditasi ini dengan mata tertutup. Jauhkan diri Anda dari gangguan sekitar. Bersantailah, dan biarkan segalanya terjadi seperti air mengalir. Meditasi ini dinilai berguna bagi kesehatan Anda. Berikut beberapa manfaat yang bisa diambil dari meditasi kesadaran, seperti dilansir dari Huffington Post.



 

1.  Mengurangi Stres
Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Health Psychology menunjukkan bahwa meditasi kesadaran dapat menurunkan kadar hormon kortisol, Si Penyebab stres.

 

2.  Mengenal Jati Diri
Kesadaran diri dapat membantu Anda melihat siapa diri Anda sebenarnya. Sebuah studi dalam Journal of Psychological Science menunjukkan, kesadaran diri dapat membantu Anda menaklukkan 'sisi gelap' Anda, dan membantu menilai diri Anda secara lebih objektif. Hal ini tentu dapat memperkuat karakter, sehingga Anda dapat mengenal jati diri.

 

3.  Meningkatkan Kualitas
Peneliti dari University of California, Santa Barbara, menemukan bahwa seseorang yang dilatih dalam meditasi kesadaran memiliki penalaran verbal yang lebih baik. Selain itu, kinerja memori mereka juga lebih optimal. "Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa meditasi ini merupakan teknik yang efektif dan efisien untuk meningkatkan fungsi kognitif," jelas para peneliti.



 

4.  Melindungi Kerusakan Otak
Para peneliti dari University of Oregon menemukan bahwa pelatihan teknik meditasi seperti ini dapat melindungi seseorang dari penyakit mental dan kerusakan otak. Praktik meditasi ini dikaitkan dengan peningkatan sinyal di otak, dan peningkatan jaringan selubung saraf (mielin) di otak.

 

5.  Pengendali Otak
Mengapa meditasi kesadaran ini dapat membuat Anda merasa lebih fokus dan rileks? Menurut sebuah studi dalam Journal of Frontiers, Human Neuroscience, hal tersebut terjadi karena meditasi dapat membantu otak untuk mengontrol rasa nyeri dan emosi.

 

6.  Tidur Lebih Nyenyak
Sebuah studi dari University of Utah menemukan bahwa pelatihan meditasi kesadaran tidak hanya dapat membantu mengontrol emosi dan suasana hati, tetapi juga dapat membuat seseorang tidur lebih nyenyak di malam hari dan mengatasi insomnia. (Aulia/DT/dok.Freedigitalphotos)



Tags: meditasi,   ibu,   kesehatan,   stres,