Mother&Baby Indonesia
Balita Sudah Punya Rasa Keadilan

Balita Sudah Punya Rasa Keadilan

Balita akan tantrum jika ia merasa diperlakukan tidak adil. Namun, tahukah Anda bahwa ia pun memiliki rasa keadilan kepada orang lain pula? Ya, dilansir dari Daily Mail, sebuah penelitian menjabarkan balita berusia 3 tahun sudah bisa menunjukkan perhatian terhadap kesejahteraan orang lain lho, Moms.

 

Dalam eksperimen, setiap boneka ‘mencuri’ biskuit, baik itu milik Sang Balita atau milik orang lain, ia akan mengembalikan biskuit yang dicuri itu kepada pemiliknya. Namun, ada pula yang memilih menghukum boneka yang mencuri biskuit dengan cara menjauhinya. “Kita melihat bahwa rasa keadilan sudah muncul pada anak-anak. Jadi, catatan yang harus diketahui orangtua adalah balita sudah dapat menyakiti orang lain untuk menegakkan keadilan,” ujar para ahli.



 



Karenanya, sebaiknya orangtua mulai berbicara kepada balita tentang konsekuensi dari tindakannya. Sehingga daripada menghukum orang lain yang melakukan kesalahan, anak-anak lebih memahami bahwa tidak baik membalas kejahatan orang yang bersalah dan mencari solusi yang lebih tepat agar sebuah masalah bisa terselesaikan dengan baik. Sebab, menurut Dr Keith Jensen, peneliti dari Manchester University, komponen inti dari rasa keadilan adalah sebuah empati. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: balita,   anak,   keadilan