Mother&Baby Indonesia
Perkembangan Anak Usia Sekolah (1): Tingkah Laku dan Fisik

Perkembangan Anak Usia Sekolah (1): Tingkah Laku dan Fisik

Seiring pertambahan usia Si Kecil, terutama saat ia memasuki taman kanak-kanak, akan ada berbagai kemajuan dan perubahan yang terjadi pada dirinya. Apa saja?

 

Perkembangan Tingkah Laku dan Rutinitas
Anda akan terkejut dengan perubahan tingkah laku dan rutinitas yang terjadi pada Si Kecil. Berikut beberapa hal yang biasanya Anda hadapi:



 

Makan. Saat batita, Si Kecil mungkin tidak mengalami masalah untuk makan sayur atau buah. Tetapi di usia ini, ia akan mulai pilih-pilih makanan. Si Kecil pun tidak akan bisa diminta duduk diam di meja makan. Ia akan terus mengajak berbicara sambil menghabiskan makanannya. Inilah saat tepat untuk mengajarkan tabble manners kepadanya.
Tidur. Si Kecil mungkin tidak bisa lagi diminta tidur siang, maka Anda harus mulai mengajarkan kebiasaan tidur yang baik padanya. Ajaklah ia tidur lebih awal di malam hari untuk memulai kebiasaan tersebut.
Tingkah Laku dan Disiplin. Di usia ini, Si Kecil akan terasa lebih sulit diatur. Kabar baiknya, Anda dapat mengajaknya berdiskusi untuk mengatasi kondisi tersebut, karena ia sudah bisa mengungkapkan keinginan secara verbal.
Tugas. Anda sudah bisa meminta Si Kecil membantu menyelesaikan pekerjaan rumah. Namun jangan yang terlalu berat, cukup sekedar membereskan mainan, memberi makan hewan peliharaan, atau menaruh pakaian kotor di keranjang cucian. Hal ini juga berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri dan rasa pedulinya terhadap sekitar.

 



Perkembangan Fisik
Tidak perlu khawatir jika di usia ini berat badan Si Kecil terlihat menurun. Kondisi itu terjadi karena ia lebih banyak mengeluarkan energi untuk beraktivitas. Selain itu, gigi susunya akan mulai copot dan berganti dengan gigi tetap. Ia juga sudah bisa menyikat gigi dan mandi sendiri, meski Anda tetap perlu melakukan pengawasan untuk memastikan kebersihannya.

 

Di masa ini, Si Kecil juga semakin aktif melompat, berlari, meluncur, dan berguling. Anda dapat menunjang aktivitas tersebut dengan melibatkannya dalam kegiatan olahraga, seperti sepakbola atau taekwondo. Dengan perkembangan motorik yang semakin baik, Si Kecil pun mulai bisa memakai baju, memasang kancing, dan mengikat tali sepatu sendiri. (Dina Christin/DC/Dok. M&B)



Tags: perkembangan,   anak,   sekolah,   milestones