Mother&Baby Indonesia
Anak Cerebral Palsy Berdiri untuk Pertama Kalinya

Anak Cerebral Palsy Berdiri untuk Pertama Kalinya

Cerebral Palsy (CP) atau lumpuh otak adalah terganggunya fungsi otak dan jaringan saraf yang mengendalikan gerakan, laju belajar, pendengaran, penglihatan dan kemampuan berpikir. Bisa dibayangkan para penderita penyakit ini, pasti sangat sulit untuk bisa melakukan aktivitas seperti orang normal lainnya.

 

Archie Garthwaite, 2, batita dari Cleveland, Inggris didiagnosa menderita CP pada Juni lalu. Archie memiliki kembaran yaitu Harley. Ia terdiagnosa terkena CP ketika ibunya, Hayley Kennedy, 23, menemukan Archie tidak bisa belajar berjalan seperti saudara kembarnya. Hati Hayley hancur mengetahui hal tersebut.



 

Otot-otot kaki Archie sangat lemah untuk digunakan berjalan. Untuk membantu otot kakinya menjadi lebih kuat, ia mendapatkan perawatan fisioterapi secara intensif dan menjalani program suntik Botox untuk meregangkan otot kaki.

 



Kelahiran Archir dan Harley memang tidak seperti bayi lainnya, mereka lahir secara prematur pada minggu ke-23 dengan berat badan rendah. Saat itu keduanya dianggap tidak akan bertahan hidup, namun karena bantuan medis hingga kini mereka menjadi lebih sehat.
Setelah lahir keduanya harus menjalani operasi karena terdapat lubang pada jantung mereka serta banyak masalah pada organ bagian dalam.

 

Harley memiliki masalah pada penglihatan dan paru-parunya, namun dia bisa berjalan dan berbicara seperti anak normal. Sementara Archie terkena CP. Archie masih menerima fisioterapi dan suntikan Botox secara rutin dan sekarang bisa berdiri. Diharapkan ia bisa berjalan seperti saudaranya segera.


(Meiskhe/DT/dok.DailyMail)
 



Tags: cerebral_palsy,   bayi,   otak,   lumpuh_otak










Cover Mei-Juni-Juli 2020