Mother&Baby Indonesia
Kiat Merawat Kaki Si Kecil

Kiat Merawat Kaki Si Kecil

Bayi terlahir memiliki 22 tulang di masing-masing bagian kaki, namun saat berusia 5 tahun jumlahnya bertambah menjadi 26 tulang. Beberapa tahun pertama penting sekali memberikan perhatian lebih terhadap kaki Si Kecil, karena pada usia tersebut tulang sangat lembut dan mengalami pertumbuhan serta rentan sekali mengalami cedera. Untuk merawat kaki anak Anda, perlu memperhatikan hal-hal berikut.

 



1. Pastikan Si Kecil memakai kaos kaki dengan bahan yang lembut yang membuatnya mudah meluruskan kaki ataupun menggerakkan kakinya.
2. Periksa kaki Si Kecil secara teratur, kemungkinan saja terdapat lecet. Cuci dan keringkan sela-sela jari, serta potong kuku secara rutin.
3. Sesekali biarkan kaki Si Kecil tanpa kaus kaki agar ia bebas menggerakkan jari-jarinya. Bantu otot kaki bayi menjadi lentur dan regang dengan menggelitik kakinya.
4. Anda tidak perlu terburu-buru membelikan Si Kecil sepatu. Kaus kaki berbahan tebal bisa juga melindungi kaki bayi Anda. Periksa ukuran kaus kaki bayi Anda secara rutin, karena kaus kaki yang sempit dapat menghambat pertumbuhan kakinya.



 

Baca juga: Tips Memilih Sepatu Bayi

(Meiskhe/DT/dok. M&B UK)

 



Tags: kaki_bayi,   sepatu_bayi,   bayi,   kaki