Mother&Baby Indonesia
Bayi Senang Mendengarkan Suara Bayi Lain

Bayi Senang Mendengarkan Suara Bayi Lain

Mungkin Anda akan sedikit sedih mendengarkan fakta ini, namun bayi usia berusia 6 bulan ternyata lebih senang mendengarkan gumaman bayi lainnya daripada mendengarkan suara orang dewasa. Dan para ahli percaya ini merupakan proses penting untuk Si Kecil belajar bicara.

 

Dalam penelitian, para ahli dari McGill University, Montreal, Perancis, memutarkan berulang kali sususan huruf vokal kepada bayi dalam suara wanita dewasa dan bayi. Mereka kemudian menghitung berapa lama bayi terus mendengarkan suara yang diputarkan. Hasilnya menunjukkan bayi 40 persen lebih lama mendengarkan suara bayi daripada suara orang dewasa.



 

Peneliti menjelaskan ini terjadi bukan karena bayi-bayi tersebut lebih memilih suara yang mirip seperti suaranya, namun karena mereka bisa menirukan suara bayi lainnya. Oleh karena itu, saat mendengarkan suara orang dewasa di antara mereka hanya merespons dengan ekspresi wajah yang pasif dan netral. Sedangkan ketika mendengar suara bayi lainnya, mereka tersenyum dan ikut menggerakkan mulut.



 

“Sebagai orang dewasa kita menggunakan bahasa untuk berkomunikasi, tapi bagi bayi mereka bersuara hanya untuk bereksplorasi. Bayi butuh waktu yang cukup lama untuk menggerakan mulut dan pita suara mereka untuk mengerti beragam suara yang mereka buat. Bahkan faktanya, bayi lebih vokal ketika mereka sedang sendirian,” ujar pemimpin studi, Profesor Linda Polka, seperti dikutip dari Daily Mail. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: bayi,   suara,   bahasa,   bicara