Mother&Baby Indonesia
Tips Membawa Bayi ke Pantai

Tips Membawa Bayi ke Pantai

Pantai merupakan salah satu tempat liburan paling menyenangkan bersama keluarga. Bagi bayi, pantai juga bisa menjadi tempat baru baginya untuk bereksplorasi dan mengenal lebih banyak benda. Namun bolehkah membawa bayi di bawah 1 tahun berlibur ke pantai? Tentu saja bisa. Hanya saja perhatikan hal-hal berikut:

1. Perhatikan cuaca
Sebaiknya jangan bawa bayi ke pantai ketika tengah hujan, terlalu panas, atau banyak angin. Ajak Si Kecil ke pantai di pagi hari ketika udara masih bersih.
Kenakan topi dan topi untuk menghindarikan bayi dari paparan langsung sinar matahari yang bisa berbahaya. Bila perlu, berikan juga kaca mata khusus agar matanya tidak silau. Anda juga bisa memakaikan sunblock pada kulitnya. Anda juga sebaiknya tak memakaikan pakaian terbuka pada bayi.

2. Pantai yang bersih



Pilih pantai yang bersih dan terpelihara. Ingatkan selalu untuk tidak memakan atau memasukkan ke dalam mulutnya, apa pun yang dia temukan di pantai. Termasuk, melarang dia untuk makan pasir dan minum air laut. Selalu dampingi dan awasi Si Kecil ketika bermain. Awasi anak Anda selama ia bermain di pantai. Khususnya, bila suasana pantai cukup ramai oleh pengunjung yang lain. Pilihlah untuk bermain bersama bayi di pinggir pantai saja. Anda boleh sesekali mengenalkannya pada air laut, namun tetap perhatikan keselamatannya.

3. Kenakan sepatu
Ketika berjalan-jalan di pinggir pantai Anda akan menemukan kerang, kerikil dan kaca yang akan membahayakan kaki bayi. Meskipun pasir pantai bertekstur halus, tapi pasir pantai yang panas akan membakar kulit Si Kecil. Oleh karena itu, akan lebih aman dan nyaman jika Anda memakaikannya sepatu. Setelah selesai bermain, bersihkan Si Kecil dan pakaikan ia minyak telon untuk menghangatkan.



4. Air minum

Karena di pantai cenderung panas, penuhi kebutuhan cairan bayi dengan baik. Berikan ia cukup minum, baik itu air putih (jika bayi Anda sudah mengonsumsi MPASI), ASI atau susu formula bagi bayi yang berusia di bawah 6 bulan. (OCH/ Dok. M&B UK)



Tags: bayi liburan ke pantai,   pantai,   bayi,   liburan,   tips










Cover Mei-Juni-Juli 2020