Mother&Baby Indonesia
Ups, Si Kecil Cegukan!

Ups, Si Kecil Cegukan!

Apakah Si Kecil sering cegukan? Menurut Dokter William Sears dalam situs Babycenter cegukan tidaklah berbahaya. Cegukan merupakan gangguan pada saluran pencernaan yang bisa terjadi pada manusia di usia berapa pun, bahkan janin dalam kandungan. Cegukan sebenarnya adalah kontraksi atau kekejangan dari diafragma (otot yang naik turun ketika Anda mengambil napas dalam). Cegukan juga merupakan gerakan refleks dari tubuh dan disertai dengan suara yang khas akibat iritasi dari diafragma.

 

Cegukan tidaklah menyakitkan dan biasanya bukan merupakan sinyal dari masalah medis, namun cegukan bisa mengganggu Si Kecil. “Cegukan biasanya berhubungan dengan aktivitas makan dan sering terjadi karena otot diafragman terletak berdekatan dengan perut,” jelas Dr. Sears.



 

Lynnette Mazur, profesor pediatrik dari University of Texas Health Science Center, Houston, AS, menuturkan, "Tak hanya itu, cegukan juga terjadi karena penurunan suhu yang dapat menyebabkan kedinginan.” (OCH/Sagar/Dok. M&B)



 

Untuk mengetahui hal-hal yang dapat mengurangi cegukan pada bayi, simak di majalah Mother&Baby Indonesia edisi Mei 2015 ya, Moms!



Tags: bayi,   cegukan








Cover Maret 2020