Mother&Baby Indonesia
Tingkatkan Vitalitas saat Hamil (2)

Tingkatkan Vitalitas saat Hamil (2)

Saat hamil memang akan banyak gejala dirasakan ibu hamil yang cukup mengganggu. Namun, itu tentu tidak bisa jadi alasan bagi Anda untuk bermalas-malasan dan terus menerus terlihat lemah. Berikut tips untuk meningkatkan vitalitas Anda selama hamil.

 

1. Saat mengudap atau makan berat, makanlah dengan perlahan. Makan dengan terburu-buru akan mengganggu pencernaan Anda. Jaga juga posisi tubuh Anda saat makan. Duduk tegak dan nikmatilah setiap suapan.



 

2. Perbanyak jalan kaki sampai dengan minggu terakhir kehamilan Anda, hal ini juga akan mempermudah persalinan normal Anda.

 

3. Sambil duduk atau berbaring, tekuk dan regangkan pergelangan kaki Anda. Putar-putar beberapa kali dan ke arah sebaliknya untuk mengurangi pembengkakan.

 

4. Lakukan senam kegel dan latih otot pelvis Anda delapan set tiga kali sehari. Lakukan saat Anda menunggu sedang bekerja, mengirim fax, atau terjebak macet. Dengan latihan ini, Anda dapat mengurangi rasa ingin buang air kecil.

 

5. Meski riset membuktikan bahwa olahraga bisa membuat persalinan lebih mudah, jangan lakukan dengan berlebihan. Lakukan senyaman Anda. Mengukurnya mudah saja, jika Anda masih bisa berbicara tanpa tersengal saat berolahraga, artinya Anda masih kuat. Tapi begitu Anda merasa mual atau pusing, segera berhenti. Kalau terjadi pendarahan atau kram perut, segera konsultasikan ke dokter.

 

6. Keluarlah untuk berbelanja. Belanja adalah alasan yang baik agar badan Anda bergerak. Selain Anda memang perlu membeli kebutuhan bayi, Anda juga pantas untuk sedikit memanjakan diri.



 

7. Sesibuk apapun Anda di kantor, jangan pernah bolos kunjungan kontrol ke dokter. Memeriksakan darah, urin, dan tekanan darah secara teratur adalah cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki kondisi serius seperti anemia, diabetes, atau preeklampsia.

 

8. Pakailah sandal datar atau flat shoes untuk mengurangi tekanan pada tulang punggung Anda.

 

9. Jangan duduk dengan kaki menyilang agar aliran darah Anda tidak terganggu dan Anda tidak terkena varises.

 

10. Pakailah pakaian yang longgar dan nyaman sehingga kulit Anda tidak tersiksa karena panas dan peregangan. (FR/Aulia/DT/dok.M&B)

 

BACA JUGA: Tips Tingkatkan Vitalitas saat Hamil (1)



Tags: ibu,   hami,   vitalitas,   fit,   bugar,   kesehatan,   olahrga,  








Cover Maret 2020